Komponen dan Prinsip Pengembangan Silabus Matematika Sekolah Dasar 2018

Untuk seorang guru atau pendidik silabus merupakan kata atau istilah yang tidak asing, oleh sebab itu pada kesempatan kali ini admin akan  membagikan  Komponen dan Prinsip Pengembangan Silabus Matematika Sekolah Dasar 2018 hanya sebatas mengingatkan kembali atau mungkin belum sempat untuk membaca mengenai komponen silabus

Pengerian Silabus

Hubungan kurikulum dengan pembelajaran dalam bentuk dokumen lain yang lebih operasional lazimnya disebut silabus yang bersifat lebih terbatas isinya. secara umum silabus didefinisikan sebagai berikut rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar.

Pedoman Pengembangan Komponen dan Silabus Matematika SD Revisi 2018
Komponen dan Pengembangan Silabus SD

Komponen  Silabus

Komponen silabus Kurikulum 2013 termuat dalam Permendikbud No. 22/2016, sekurang-kurangnya silabus memenuhi kompenen berikut:
1. Identitas Mapel
2. Identitas Sekolah dan kelas
3. Kompetensi Inti (KI)
4. Kompetensi Dasar (KD)
5. Tema Khusus SD
6. Materi Pokok
7. Kegiatan Pembelajaran
8. Penilaian
9. Alokasi Waktu
10. Sumber Belajar

Prinsip Pengembangan Silabus
Dalam mengembangkan silabus harus memenuhi prinsip-prinsip pengembangan silabus sebagai berikut:

1. Ilmiah
Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.

2. Relevan
Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.

3. Sistematis
Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.

4. Konsisten
Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.

5. Memadai
Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.

6. Aktual dan Kontekstual
Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi.

7. Fleksibel
Keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasi keragaman peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.

8. Menyeluruh
Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (sikap, pengetahuan, ketrampilan).

Langkah Pengembangan Silabus
1. Menulis Identitas
Menuliskan identitas sekolah, mata pelajaran, pada kelas dan semester tertentu

2. Mengkaji
Kompetensi dasar pengetahuan dan keterampilan Mata Pelajaran Matematika , sesuai dokumen KI/KD (Permendikbud No. 24 tahun 2016 tentang KI/KD).

3. Mengidentifikasi Materi Pokok
Mengidentifikasi materi pokok yang tercantum pada rumusan kompetensi dasar termasuk keluasan dan kedalamannya sesuai dengan konstruksi keilmuan. Menuliskan tema/subtema di SD sesuai dengan pemetaan kompetensi dasar pada kelas tertentu.

4. Merencana Kegiatan Pembelajaran
Merencang kegiatan pembelajaran yang menginspirasi silabus di tingkat daerah dan sekolah sesuai dengan kompetensi dasar yang dipersyaratkan.
Di tingkat Pemerintah, prinsip pembelajaran menerapkan nilai-nilai dengan memberi keteladanan (ing ngarso sung tulodo), membangun kemauan (ing madyo mangun karso), dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran (tut wuri handayani).

4. Merencanakan Kegiatan Pembelajaran
Di tingkat daerah, pembelajaran dikaitkan dengan konteks daerah, sedangkan di tingkat satuan pendidikan, pembelajaran dikaitkan dengan konteks daerah dan sekolah.

5. Merancang Kegiatan Penilaian
Merancang kegiatan penilaian yang terintegrasi dengan kegiatan pembelajaran maupun setelah kegiatan pembelajaran. Penilaian atas pembelajaran dilakukan untuk mengukur capaian peserta didik terhadap kompetensi yang telah ditetapkan

6. Menetapkan Alokasi Waktu
Menetapkan alokasi waktu tatap muka untuk menyelesaikan ketuntasan kompetensi dasar baik sikap, pengetahuan, maupun keterampilan sesuai dengan alokasi waktu yang terdapat dalam struktur kurikulum dengan mempertimbangkan keluasan, kedalaman, dan tingkat kesulitan.

7. Menentukan Sumber Belajar & Media
Menentukan sumber belajar dan media pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dan materi pokok yang dikembangkan dapat berupa buku (cetak dan digital), media cetak dan elektronik, lingkungan (alam, sosial, dan budaya) sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan.

Pedoman Pengembangan silabus ini dapat download pada tautan berikut ini

Semoga ulasan mengenai Pedoman Pengembangan silabus matematika sekolah dasar ini dapat bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Komponen dan Prinsip Pengembangan Silabus Matematika Sekolah Dasar 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel