Buku Guru dan Buku Siswa Matematika Kelas IV Kurikulum 2013 Revisi 2018

Pada Kesempatan Kali ini admin akan membagikan Buku Guru dan Buku Siswa Matematika Kelas IV Kurikulum 2013 Revisi 2018, sebagaimana postingan sebelumnya admin menyajikan Buku Guru dan Buku Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas VI Kurikulum 2013 Revisi 2018.

Download Buku Guru dan Buku Siswa Matematika Kelas IV Kurikulum 2013 Revisi 2018 , https://matematika.guruindonesia.id/
Buku Guru dan Siswa Matematika Kelas 4 Revisi 2018

Mata Pelajaran Matematika jenjang Sekolah  Dasar/Madrasah Ibtidaiyah pada kelas atas yaitu kelas 4 sampai kelas 6  diajarkan secara terpisah dari tematik, oleh sebab itu maka buku Matematika Kelas IV baik Buku Guru maupun Buku Siswa dicetak secara terpisah.

Materi matematika yang diajarkan pada kelas 4 revisi terbaru terdiri dari:

Bab 1 Pecahan
Bilangan pecahan banyak dipergunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Seperti, satu buah apel dari sepuluh apel dalam satu keranjang dan satu coklat utuh yang dibagi menjadi sepuluh bagian yang sama. Contoh pertama menunjukkan konsep pecahan diartikan sebagai satu bagian yang sama. Contoh kedua menunjukkan konsep pecahan diartikan sebagai satu bagian dari satu unit tertentu.
A. Bilangan Pecahan
B. Bentuk Pecahan
C. Taksiran
D. Aplikasi Pecahan

Bab 2 KPK dan FPB 
Konsep kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB) banyak dipergunakan untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Konsep KPK dapat digunakan untuk menentukan jadwal liburan, menghitung orbit planet, dan menentukan jumlah barang yang disusun dalam baris dan kolom.
Sedangkan konsep FPB sering digunakan untuk menyederhanakan pecahan, menentukan berapa potong kain yang terbesar, pembagian kue yang sama banyak ke beberapa  bagian (kotak/plastik), dan sebagainya.
A. Faktor dan Kelipatan Bilangan   
B. Faktorisasi Prima
C. Menentukan KPK dan FPB
D. Penerapan KPK dan FPB

Bab 3 Aproksimasi
Konsep aproksimasi berkaitan dengan pembulatan. Misalnya, pembulatan hasil pengukuran panjang, berat, harga belanja ke satuan, puluhan, dan ratusan terdekat. Misalnya, ketika orang bertanya, “Berapa panjangnya?” kemudian dijawab dengan “sekitar 10 meter” atau (10 meteran). Jawaban tersebut merupakan contoh aproksimasi atau pembulatan yang dilakukan terhadap satuan panjang.
A. Pembulatan Hasil Pengukuran Panjang dan Berat ke Satuan Terdekat
B. Pembulatan Hasil Pengukuran Panjang dan Berat ke Puluhan Terdekat
C. Pembulatan Hasil Pengurangan Panjang dan Berat ke Ratusan Terdekat

Bab 4 Bangun Datar
Beberapa di  sekitar kita yang berhubungan dengan bangun datar. Beberapa di antaranya adalah benda-benda yang berbentuk segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan. Sebagai contoh, pada bacaan di bawah ini digambarkan beberapa benda yang berbentuk bangun datar seperti bentuk meja, buku, penggaris, cendela, dan beberapa benda yang ditempel pada dinding kelas. Agar kamu dapat memahami tentang benda-benda segibanyak beraturan, segibanyak tidak beraturan serta bangun datar yang lainnya.
A. Bangun Segibanyak
B. Keliling Bangun Datar
C. Luas Bangun Datar

Bab 5 Statistika 
Statistika dalam kehidupan sehari-hari sangat dibutuhkan. Misalnya, bagaimana suatu data yang terkumpul disajikan ke dalam bentuk yang lebih mudah dibaca dan dipahami. Dalam dunia pendidikan, penerapan statistika misalnya tentang penyajian banyak siswa di suatu kota, analisis skor hasil ujian matematika siswa, dan banyak siswa yang lulus UN (Ujian Nasional). Penyajian data dapat berbentuk diagram atau tabel. 
A. Membaca dan Menafsirkan Data
B. Penyajian Data dalam Diagram Batang

Bab 6 Pengukuran Sudut
Pada Kelas sebelumnya telah dipelajari jenis-jenis sudut dan pengukuran sudut dengan satuan tidak baku. Sekarang kalian akan mempelajari lebih jauh lagi tentang pengukuran sudut dengan busur derajat. Pada bangun datar, sudut merupakan suatu hal yang banyak dipelajari. Sebagai contoh, penerapan sudut dalam kehidupan sehari-hari adalah bagaimana menentukan kemiringan atau sudut jarum panjang dan jarum pendek pada jam, sudut elevasi untuk mengukur ketinggian  suatu objek tertentu. Materi ini juga berkaitan dengan bagaimana menggunakan busur derajat dalam mengukur dan menggambar sudut.
A. Pengukuran Sudut dalam Satuan Baku dengan Busur Derajat
B. Pengukuran Sudut Bangun Datar dengan Busur Derajat 

Materi akan diajarkan melalui strategi pembelajaran sesuai dengan karakteristik dan tujuan materi yang akan diajarkan, Pendekatan strategi pembelajaran Matematika pada Buku Guru dan Buku Siswa Matematika Kelas IV SD/MI adalah sebagai berikut:
1. Pendekatan Saintifik
2. Problem-Based Learning
3. Discovery Learning
4. Project-Based Learning
5. Cooperative Learning

Itulah ulasan mengenai isi dari Buku Guru dan Buku Siswa Matematika Kelas IV Kurikulum 2013 Revisi 2018, Untuk memilikinya dapat didownload pada tautan dibawah, File disimpan di Google Drive sehingga mudah di download.

Semoga bermanfaat

Download 

Belum ada Komentar untuk "Buku Guru dan Buku Siswa Matematika Kelas IV Kurikulum 2013 Revisi 2018 "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel