Buku Guru dan Buku Siswa Matematika Kelas VIII Revisi 2017

matematika.guruindonesia.id - Buku Guru dan Buku Siswa Matematika Kelas VIII Revisi 2017 merupakan buku teks kurikulum 2013, Kurikulum merupakan salah satu unsur yang memberikan kontribusi untuk mewujudkan proses berkembangnya kualitas potensi siswa tersebut. Kurikulum 2013 yang sudah disempurnakan dikembangkan berbasis pada kompetensi sangat diperlukan sebagai instrumen untuk mengarahkan siswa menjadi: 
(1) manusia berkualitas yang mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah; 
(2) manusia terdidik yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri; dan 
(3) warga negara yang demokratis, bertanggung jawab. 

Buku Guru dan Buku Siswa Matematika Kelas VIII Revisi 2017
BGBS Matematika Kelas VIII
Salah satu bagian dari Buku Guru Matematika Kelas VIII Revisi 2018 adalah Petunjuk Umum, Pada bagian ini guru mempelajari konsep Kurikulum 2013 yang meliputi Rasional dan Elemen Perubahan Kurikulum; Permendikbud Perangkat Kurikulum 2013; Konsep Pendekatan Saintifik dan Penilaian Autentik;  Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator Pencapaian Kompetensi dalam Perancangan Pembelajaran.

Karakteristik Kurikulum 2013  Kurikulum 2013 dirancang dengan karakteristik sebagai berikut.
  1. Mengembangkan keseimbangan antara sikap spiritual dan sosial, pengetahuan, dan keterampilan, serta menerapkannya dalam berbagai situasi di sekolah dan masyarakat;
  2. Menempatkan sekolah sebagai bagian dari masyarakat yang memberikan pengalaman belajar agar siswa mampu menerapkan apa yang dipelajari di sekolah ke masyarakat dan memanfaatkan masyarakat sebagai sumber belajar;
  3. Memberikan waktu yang cukup leluasa untuk mengembangkan berbagai sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
  4. Mengembangkan kompetensi yang dinyatakan dalam bentuk Kompetensi Inti yang dirinci lebih lanjut dalam kompetensi dasar mata pelajaran;
  5. Mengembangkan Kompetensi Inti menjadi unsur pengorganisasi (organizing elements) Kompetensi Dasar. Semua Kompetensi Dasar dan proses pembelajaran dikembangkan untuk mencapai kompetensi yang dinyatakan dalam Kompetensi Inti;
  6. Mengembangkan Kompetensi Dasar berdasar pada prinsip akumulatif,  saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar-mata pelajaran dan jenjang pendidikan (organisasi horizontal dan vertikal).
Untuk efektivitas dan optimalisasi pelaksanaan pembelajaran pihak pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan buku teks pelajaran untuk mata pelajaran Matematika kelas VIII yang terdiri dari Buku Guru dan Buku Siswa, Berdasarkan jumlah KD terutama yang terkait dengan penjabaran KI ke-3, buku teks pelajaran Matematika Kelas VIII disusun menjadi sepuluh bab, yaitu:

1. Bab I : Pola Bilangan
2. Bab II : Koordinat Kartesiusn
3. Bab III : Relasi dan Fungsi
4. Bab IV : Persamaan Garis Lurus
5. Bab V : Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
6. Bab VI : Teorema Pythagoras
7. Bab VII: Lingkaran
8. Bab VIII: Bangun Ruang Sisi Datar
9. Bab IX: Statistika
10. Bab X: Peluang

Berbeda dengan Buku Guru, Buku Siswa matematika kurikulum 2013 revisi 2017 dibagi menjadi dua buku yaitu semester 1 dan Semester 2, 

Penyajian Buku Teks Matematika Kelas VIII Revisi 2017 ini tidak jauh berbeda dengan Buku Teks Matematika Kelas VII Revisi 2017
Baca Juga: 



Agar buku ini dapat digunakan dengan mudah sesuai dengan pikiran pengarang secara umum petunjuk umum sebagai berikut:
Untuk menyiapkan sebuah buku yang digunakan dalam proses pembelajaran, maka buah pikiran pengarang harus diturunkan dari Kompetensi Dasar yang tertuang dalam kurikulum sehingga buku akan memberi makna kepada siswa yang mempelajarinya. Buku Siswa Matematika kelas VIII kurikulum 2013 tidak hanya memuat definisi, rumus, atau soal saja, tetapi juga berisi aktivitas yang memandu siswa untuk membangun pengetahuannya. Pada buku ini disajikan masalah-masalah yang membutuhkan pemikiran tingkat tinggi (high order thinking). Beberapa dari masalah tersebut sudah diberikan beserta prosedur penyelesaiannya, beberapa disajikan petunjuk untuk memecahkannya saja yang diharapkan akan dipecahkan oleh siswa. Pada setiap bab disajikan minimal satu tugas projek yang menuntut siswa bekerja dalam kelompok dalam waktu yang relatif tidak sebentar untuk menyelesaikannya. 

Buku teks Matematika Kelas VIII Revisi 2017 pada tiap bab terdiri atas:
a. Pengantar Bab, 
Pengantar Bab terdiri atas kata kunci, Kompetensi Dasar, deskripsi materi, dan pengalaman belajar yang diharapkan akan didapatkan siswa setelah pembelajaran.
b.Peta Konsep, 
Peta konsep berisi diagram keterkaitan antarmateri pada Bab.
c Tokoh matematika, 
Narasi Tokoh, Tokoh Matematika dipilih sesuai dengan materi yang akan dibahas pada bab tertentu. Selain menjelaskan sejarah dan keterkaitan tokoh tersebut terhadap materi yang akan dibahas, juga membahas hikmah yang bisa dicontoh dari tokoh tersebut.
d. Isi materi, 
Isi materi berupa kegiatan-membelajarkan yang menuntut siswa secara aktif untuk terlibat dalam pembelajaran sehingga siswa akan mendapatkan pengalaman yang diharapkan. Pada setiap awal membelajarkan berisi konteks atau masalah terkait dengan kegiatan. Masalah yang disajikan ada yang diberikan beserta pemecahannya, ada yang dilengkapi dengan petunjuk pemecahan masalah, dan ada yang dibiarkan berupa masalah untuk dipecahkan siswa. Pada setiap membelajarkan mengikuti pendekatan ilmiah, yaitu mengamati, menanya, menggali informasi, menalar, dan mengomunikasikan yang disajikan dengan ikon-ikon tertentu.
e. Tugas Projek 
Setelah selesai proses pembelajaran pada bab tertentu, siswa diajak untuk menerapkan pengetahuan mereka tentang materi matematika kelas VIII. Bimbing siswa untuk menyiapkan dan menyelesaikan tugas projek. Setelah siswa menyelesaikan tugas projek, minta beberapa siswa untuk menjelaskan hasil pekerjaanya di depan kelas. Suruh siswa lainnya untuk menanggapi pekerjaan temannya. Pajang hasil pekerjaan siswa di mading kelas atau sekolah.
f. Merangkum.
Berisi pertanyaan-pertanyan yang mengarahkan siswa untuk membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari dalam satu bab.

Demikianlah Buku Guru dan Buku Siswa Matematika Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017. Silahkan klik tautan dibawah ini untuk mendapatkan filenya. Semoga bermanfaat.

Download



Belum ada Komentar untuk "Buku Guru dan Buku Siswa Matematika Kelas VIII Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel