Buku Guru dan Buku Siswa Matematika Kelas V Kurikulum 2013 Revisi 2018


matematika.guruindonesia.id - Selamat Sore Bapak Ibu Guru, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Buku Guru dan Buku Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas V Kurikulum 2013 Revisi 2018. Matematika adalah induk dari semua ilmu pengetahuan. Penguasaan matematika hendaknya dimulai dari jenjang dasar. Oleh karena itu, diperlukan metode dan sarana yang menarik siswa dalam mempelajari matematika. Salah satu bentuk nyatanya adalah buku teks pelajaran matematika yang terdiri atas Buku Guru dan Buku Siswa yang memiliki muatan bagus dan disajikan secara menarik. Isi buku Senang Belajar Matematika Kelas V ini disusun berdasarkan Kurikulum 2013 yang mengacu pada Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. 


Buku Guru dan Buku Siswa Matematika Kelas V Kurikulum 2013 Revisi 2018
Buku Guru dan Buku Siswa Matematika Kelas V Kurikulum 2013 Revisi 2018
Proses pembelajaran dalam buku ini memuat pendekatan Saintifik, Discovery Learning, Problem Base Instruction, Project Base, Activity Base, Real Life, High Order Thiking Skills (HOTS), penilaian autentik, dan kecakapan Abad 21 (Komunikasi, Kolaborasi, Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah, Kreativitas, dan Inovasi). Muatan-muatan tersebut dikemas dalam kegiatan-kegiatan diantaranya mengamati, aktivitas dengan kerja bersama, kegiatan latihan, kegiatan eksplorasi, pertanyaan kritis, ayo berlatih, tugas proyek, dan uji kompetensi. Buku ini juga disempurnakan dengan adanya berbagai literasi guna mendukung pencapaian maksimal siswa.


Penilaian mengacu pada penilaian sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Pada buku ini diberikan alternatif rubrik dan contoh penilaian sebagai sumber guru dalam mengembangkan penilaian sesuai dengan karakteristik siswa masing-masing. Terbitnya buku ini diharapkan guru dapat menerapkan penilaian yang mencakup domain Kompetensi Inti I dan II (sikap), Kompetensi Inti III (pengetahuan), dan Kompetensi Inti IV (keterampilan).


Hakikat matematika merupakan ilmu yang bersifat abstrak. Bagi kebanyakan siswa matematika masih merupakan sesuatu hal yang sangat sulit dan menjadi momok. Bagi para guru tidak mudah untuk memilih strategi, model, pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran yang tepat. Dengan demikian materi matematika mudah dipahami siswa, siswa dapat terampil serta siswa tertarik untuk mempelajarinya.

Baca Juga
Buku Guru dan Buku Siswa Matematika Kelas IV Kurikulum 2013 Revisi 2018

Strategi pembelajaran merupakan taktik yang digunakan guru agar pembelajaran terlaksana dan tepat sasaran. Strategi pembelajaran secara aplikatif dapat dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu strategi langsung dan strategi tidak langsung. Strategi mana yang digunakan sehingga pelaksanaan pembelajaran dapat tepat sasaran dan tujuan pembelajaran dapat tercapai sangat tergantung pada keahlian guru. Oleh karena itu, agar siswa lebih cepat memahami materi biasanya digunakan strategi langsung. Jika strateginya tidak langsung, maka jenis kegiatannya juga tidak langsung menyentuh materi pembelajaran.

Rencana pembelajaran pada hakikatnya merupakan perencanaan jangka pendek yang dilakukan oleh guru untuk dapat memperkirakan berbagai tindakan yang akan dilakukan di kelas. Perencanaan pembelajaran tersebut perlu dilakukan agar guru dapat mengkoordinasikan berbagai komponen pembelajaran yang berorientasi (berbasis) pada pembentukan kompetensi siswa, seperti kompetensi dasar, materi standar, indikator hasil belajar, dan penilaian berbasis kelas. Kompetensi dasar berfungsi untuk memberikan makna terhadap materi standar. Indiaktor hasil belajar berfungsi sebagai alat untuk mengukur ketercapaian kompetensi. Adapun penilaian berbasis kelas berfungsi sebagai alat untuk mengukur pembentukan kompetensi serta dapat menentukan tindakan yang harus dilakukan jika kompetensi standar belum tercapai. 

Buku guru dan Buku Siswa Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2018 memuat kebutuhan guru dalam menerapkan pembelajaran di kelas. oleh sebab itu guru harus mempelajari isi buku ini agar apa yang ada dalam pemikiran pengarang dapat tersampaikan. dan tentunya saja mengetahui hal-hal apa saja mengajar di kelas sehingga mengetahui hal-hal yang perlu disiapkan atau dilakukan dalam melakukan kegiatan pembelajaran.

File yang dapat diunduh dalam bentuk format yang telah kami simpan ulang dalam google drive, sehingga dapat mudah diunduh dan tentunya aman dari virus yang akan menggangu laptop atau PC Bapak/Ibu guru.

Demikianlah Buku Guru dan Buku Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD/MI yang dapat kami bagikan Kurikulum 2013 Revisi 2018 

Buku Guru Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018

Buku Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD/MI  Kurikulum 2013 Revisi 2018

Belum ada Komentar untuk "Buku Guru dan Buku Siswa Matematika Kelas V Kurikulum 2013 Revisi 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel