Kisi-kisi dan Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Matematika Kelas 4, 5 dan 6 Tahun 2019

matematika.guruindonesia.id - .Selamat Sore Rekan Guru Indonesia, pada kesempatan kali ini admin akan membagikan Kisi-kisi dan Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Matematika Kelas 4, 5 dan 6 Tahun 2019. Pada Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan penilaian diatur dalam Permendikbud Nomor 3 tahun 2017 tentang Hasil Belajar Oleh Pemerintah dan Penilaian Hasil Belajar Oleh Satuan Pendidikan. Secara lengkap proses kegiatan penilaian kurikulum 2013 revisi 2017 dijabarkan dalam Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan. 

Kisi-kisi dan Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Matematika Kelas 4, 5 dan 6 Tahun 2019
Kisi-kisi dan Soal PAT Matematik
Berdasarkan pedoman penilaian tersebut, beberapa istilah dalam penilaian dalam Kurikulum 2013 revisi 2017, antara lain:

  1. PH (Penilaian Harian) adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi hasil belajar peserta didik yang digunakan untuk menetapkan program remedial dan pengayaan berdasarkan tingkat penguasaan kompetensi dan memperbaiki proses pembelajaran, dan mengetahui tingkat penguasaan kompetensi serta menentukan kriteria ketuntasan penguasaan kompetensi.
  2. PTS (Penilaian Tengah Semester) adalah penilaian yang dilakukan pada minggu ke-8 atau ke-9 dalam satu semester. Adapun materi PTS terdiri dari semua Kompetensi Dasar yang sudah dipelajari sampai dengan minggu ke-7 atau ke-8.
  3. PAS (Penilaian Akhir Semester) adalah kegiatan penilaian yang dilakukan pada akhir semester ganjil dengan materi semua Kompetensi Dasar pada semester tersebut.
  4. PAT (Penilaian Akhir Tahun) adalah penilaian yang dilakukan pada akhir semester genap dengan materi semua KD pada semester genap.
  5. US Ujian Sekolah adalah kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik terhadap Standar Kompetensi Lulusan untuk mata pelajaran yang tidak diujikan dalam Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan dilakukan satuan pendidikan.
  6. USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) adalah kegiatan pengukuran capaian kompetensi peserta didik yang dilakukan satuan pendidikan untuk mata pelajaran tertentu dengan mengacu pada SKL untuk memperoleh pengakuan atas prestasi belajar yang telah ditempuh. Naskah USBN disiapkan oleh pemerintah bersama MGMP.

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi, sehingga dalam melaksanakan kegiatan penilaian harus memperhatikan beberapa faktor diantaranya adalah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), Predikat, Remedial dan Pengayaan.

  1. Kriterian Ketuntasan Minimal (KKM), Penentuan KKM didasari oleh nilai aspek karakteristik peserta didik (intake), karakteristik mata pelajaran (kompleksitas materi/kompetensi), dan kondisi satuan pendidikan (daya dukung).
  2. Predikat, Penentuan predikat penilaian ditentukan berdasarkan KKM yang telah disepakati oleh satuan pendidik. Predikat penilaian dibagi menjadi 4 kelompok dengan atribut penilaian A (sangat baik), B (baik), C (cukup), dan D (kurang).  Penentuan interval predikat ditentukan dengan menggunakan panjang interval yang dihitung sebelumnya, 
  3. Kegiatan Remedial dan Kegiatan Pengayaan, Setelah KKM ditentukan, capaian pembelajaran peserta didik dapat dievaluasi tingkat ketuntasannya. Peserta didik yang belum mencapai nilai KKM berarti dinyatakan belum belum tuntas, siswa tersebut wajib mengikuti kegiatan program remedial, sedangkan peserta didik yang sudah mencapai KKM dinyatakan telah tuntas dan dapat diberikan program pengayaan. Kegiatan Remedial dan pengayaan ini merupakan suatu proses yang harus dilakukan berdasarkan hasil penilaian selama proses pembelajaran (assessment as learning dan for learning) maupun akhir pembelajaran (assessment of learning).
Baca juga:
Tips Agar Anak SD Menyukai Pelajaran Matematika
Pelaksanaan remedial dapat dilakukan cara sebagai berikut.

  1. Pemberian bimbingan secara individu. 
  2. Pemberian bimbingan secara kelompok. 
  3. Pemberian pembelajaran ulang dengan menggunakan metode dan media yang berbeda dengan pada saat pertama materi diberikan.
  4. Pemanfaatan tutor sebaya

Bentuk pelaksanaan pembelajaran pengayaan dapat dilakukan melalui: 
  1. Belajar kelompok
  2. Belajar mandiri.
Sesuai dengan apa yang admin utarakan diawal bahwa sebenarnya postingan kali ini akan membagikan Kisi-kisi dan Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Matematika Kelas 4, 5 dan 6 Tahun 2019 yang dapat digunakan sebagai referensi dalam penyusunan soal pada kegiatan penilaian yang akan dilaksanakan pada akhir semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Semoga bermanfaat.
Download:

Belum ada Komentar untuk "Kisi-kisi dan Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Matematika Kelas 4, 5 dan 6 Tahun 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel