Wajib Tahu!, Kelebihan Metode Sempoa, Jarimatika dan Kumon dalam Pembelajaran Matematika

matematika.guruindonesia.id - Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya pandai atau memiliki nilai yang tinggi pada mata pelajaran matematika, sehingga tidak sedikit orang tua yang mencari bimbingan khusus untuk anaknya, mulai dari privat dimana guru atau mentor datang ke rumah atau mengirimkan anaknya ke berbagai kelas tambahan di lembaga luar sekolah.

Mengenal Kelebihan Metode Sempoa, Jarimatika dan Kumon dalam Pembelajaran Matematika
Kelebihan Metode Sempoa, Jarimatika dan Kumon  
Beberapa lembaga menyajikan metode pembelajaran matematika yang berbeda-beda, lembaga ini menawarkan berbagai fasilitas dan kelebihan metode yang diajarkan dibandingkan dengan metode yang ditawarkan oleh lembaga lain. salah satu metode yang ditawarkan adalah gratis mencoba dalam rentang waktu tertentu.

Kali ini kami akan menyajikan seputar kelebihan dan kekurangan metode Pembelajaran matematika, mudah-mudahan informasi ini dapat bermanfaat khususnya bagi guru dalam memilih dan merekomendasikan anak didiknya dalam ketika memilih lembaga pendidikan di luar sekolah terutama untuk bimbingan belajar matematika, tentu saja informasi ini juga dapat dijadikan rujukan langsung oleh orang tua dlam mengambil keputusan.

Berbicara Les Matematika maka kita akan disuguhi dengan beberapa metode yang ditawarkan diantaranya Metode Sempoa, Metode Jarimatika, Kumon, APIQ dan MATHMAGIC dan masih banyak metode lainnya.

Dari banyak metode yang ada, yang akan admin sajikan hanyalah seputar kelebihan dan kekurangan dari Metode Sempoa, Metode Jarimatika dan Kumon, tentu saja semua metode baik, ibarat senjata keterampilan penggunalah yang akan menentukannya

A. Metode Sempoa 


Sempoa dikenal sebagai sebuah alat hitung aritmetika kuno yang telah digunakan sejak dulu. Konon, perkembangan alat hitung ini bermula di Babilonia pada rentang tahun 2700 SM hingga 2300 SM.

Beberapa negara telah menggunakan sempoa sebagai alat bantu hitung diantaranya Babilonia, Yunani, Tiongkok, Jepang, Bangsa-bangsa di Amerika dan Rusia,secara rinci sejarah dan perkembangan Sempoa di beberapa negara tersebut di atas,sebagai berikut ini.

Mengenal Kelebihan Metode Sempoa, Jarimatika dan Kumon dalam Pembelajaran Matematika
Sempoa
Bangsa Babilonia, menurut penelitian para ahli sejarah, sempoa milik bangsa Babilonia tersebut bisa digunakan untuk melakukan operasi pertambahan dan pengurangan. Meski, metode yang dilakukan lebih kompleks dibandingkan sempoa yang ada saat ini.

Sempoa dari bangsa Yunani yang diketahui berasal dari tahun 300 SM, disebut dengan nama Salamis Tablet. Sempoa dari Yunani ini pun jadi papan bantu hitung tertua di dunia yang pernah ditemukan hingga saat ini, dengan dimensi 149 x 75 x 4,5 cm.

Sempoa pertama yang dimiliki oleh bangsa Tiongkok disebut dengan nama suanpan, diketahui berasal dari abad 2 SM. Suanpan dari Tiongkok ini bisa digunakan untuk berbagai jenis operasi aritmetika. Mulai dari penjumlahan, pengurangan, pengalian, pembagian, akar kuadrat, ataupun akar pangkat tiga.

Sempoa dari Jepang yang tercatat muncul pada abad ke 14 M. Sempoa Jepang ini berasa dari daratan Cina, dan disebut dengan nama soroban. Di waktu yang sama, sempoa Cina juga dibawa ke negeri Korea dan disebut dengan nama jupan atau supan atau jusan.

Bangsa-bangsa asli di Benua Amerika juga mengadopsi penggunaan sempoa. Menurut catatan sejarah, terdapat dua jenis alat bantu hitung mirip sempoa yang digunakan oleh bangsa Inca di Amerika, yakni quipu dan yupana.

Sempoa dari bangsa Rusia yang disebut dengan nama schoty. Penggunaan sempoa schoty menyebar luas pada saat Uni Soviet masih berdiri. Bahkan, schoty diperkenalkan oleh bangsa Rusia ke beberapa negera Eropa lainnya termasuk di antaranya adalah Prancis.

Sempoa Sebagai Alat Bantu Hitung Operasi Aritmetika

Sempoa digunakan untuk membantu perhitungan aritmetika, mulai dari operasi pengurangan, penjumlahan, pembagian, perkalian, hingga operasi akar kuadrat. Tidak heran, kalau metode pembelajaran matematika menggunakan sempoa banyak diajarkan kepada anak-anak. Praktis dan relatif lebih mudah dibandingkan cara konvensional.

Selain itu, sempoa juga memberi manfaat tinggi untuk para penderita tunanetra. Karena tidak memiliki penglihatan seperti orang normal, sempoa dapat membantu para tunanetra untuk menghitung dengan memanfaatkan indera peraba. Belajar operasi aritmetika menggunakan sempoa, para tunanetra bisa memiliki kemampuan matematika yang tidak kalah dengan orang normal.

Manfaat Sempoa untuk Anak-Anak

Memberikan sarana pembelajaran matematika menggunakan sempoa bukanlah hal yang asing di Indonesia. Banyak orangtua yang dengan sengaja menyediakan alat hitung tradisional Tiongkok ini sebagai alat bantu belajar operasi matematika. Hasil pembelajaran dengan sempoa pun terlihat jelas, kemampuan berhitung anak-anaknya jauh lebih baik.

Sempoa digunakan untuk membantu perhitungan aritmetika, mulai dari operasi pengurangan, penjumlahan, pembagian, perkalian, hingga operasi akar kuadrat. Tidak heran, kalau metode pembelajaran matematika menggunakan sempoa banyak diajarkan kepada anak-anak. Praktis dan relatif lebih mudah dibandingkan cara konvensional.

Selain itu, sempoa juga memberi manfaat tinggi untuk para penderita tunanetra. Karena tidak memiliki penglihatan seperti orang normal, sempoa dapat membantu para tunanetra untuk menghitung dengan memanfaatkan indera peraba. Belajar operasi aritmetika menggunakan sempoa, para tunanetra bisa memiliki kemampuan matematika yang tidak kalah dengan orang normal.

Selain berguna sebagai alat bantu hitung aritmetika yang praktis, sempoa juga memiliki manfaat yang sangat penting lainnya. Terlebih, bagi anak yang tengah dalam masa perkembangan. Manfaat tersebut antara lain adalah:
  1. Menjadikan matematika sebagai pelajaran yang menyenangkan
  2. Meningkatkan kemampuan berhitung secara cepat dan tepat
  3. Meningkatkan daya tahan anak terhadap stress dan tekanan
  4. Meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah bagi anak-anak
  5. Mengembangkan rasa percaya diri
  6. Meningkatkan kemampuan mendengar anak
  7. Memberikan dasar aritmetika yang kuat kepada anak
Secara umum, sempoa memiliki dampak yang sangat positif terhadap perkembangan otak pada anak. Terlebih, Anda bisa saja mengirimkan anak ke lembaga pembelajaran sempoa yang menyediakan ruang belajar secara berkelompok. Selain bisa belajar, anak juga akan bisa memperoleh teman-teman baru di lingkungan yang positif.

2. Metode Jarimatika

Mengenal Jarimatika dan Manfaatnya

Belajar matematika tidak akan pernah lepas dengan kegiatan berhitung. Tanpa kemampuan untuk menghitung, hampir mustahil kita bisa mengerjakan aneka rumus dan perhitungan lain dalam pembelajaran matematika.

Mengenal Kelebihan Metode Sempoa, Jarimatika dan Kumon dalam Pembelajaran Matematika
Jarimatika

Karenanya, untuk memulai belajar matematika, kita basanya akan dikenalkan pada tata cara berhitung terlebih dahulu. Sayangnya, banyak anak-anak beranggapan kalau berhitung itu susah.

Berhitung sebenarnya mudah selama metode dan cara yang digunakan tepat
Baca Juga:
Tips Agar Anak SD Menyukai Pelajaran Matematika
Lalu, apa ada metode berhitung yang mudah dipelajari dan praktis untuk digunakan? Salah satu jawaban adalah metode Jarimatika. Dengan jarimatika penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian tidak lagi jadi masalah besar loh.

Apa itu Jarimatika?
Jarimatika adalah salah satu cara melakukan operasi hitung. Jarimatika memanfaatkan jari-jari tangan untuk menyelesaikan aritmatika, dari Kali-Bagi-Tambah-Kurang (bisa disingkat KaBaTaKu).
Langkah pertama untuk mahir jarimatika adalah dengan mengenal jari-jari kita. Jari-jari kita akan menjadi alat dalam berhitung jarimatika. 



Aturan pertama, kamu harus mengenal perbedaan jari. Dalam perhitungan jarimatika, penggunaan jari tangan kanan dan jari tangan kiri berbeda. Jari kanan menunjukkan satuan, dan jari kiri menunjukkan puluhan.

Kelebihan Jarimatika
Apa saja yang membuat jarimatika menarik dan praktis untuk menyelesaikan KaBaTaKu
  1. jarimatika menggunakan visualisasi proses berhitung sehingga mudah dipahami.
  2. gerakan jari-jari tangan menarik sehingga belajar jadi menyenangkan.
  3. Jarimatika sederhana sehingga tidak membuat memor otak kelelahan.
  4. alat yang digunakan selalu tersedia dan tidak perlu dibeli.

3. Metode Kumon

Definisi Model Pembelajaran Kumon
Model pembelajaran kumon adalah pembelajaran dengan mengaitkan antar konsep, ketrampilan, kerja individual, dan menjaga suasana nyaman-menyenangkan.

Mengenal Kelebihan Metode Sempoa, Jarimatika dan Kumon dalam Pembelajaran Matematika
Kumon
Sintaksnya atau langkah-langkah pembelajaran metode kumon adalah:
a) Sajian konsep
b) Latihan,
c) Tiap siswa selesai tugas langsung diperiksa-dinilai,
d) Jika keliru langsung dikembalikan untuk diperbaiki dan diperiksa lagi,
e) Lima kali salah guru membimbing.

Model pembelajaran kumon memiliki keistimewaan yaitu:

  1. Memulai dari level yang tepat akan menumbuhkan kecintaan belajar.
  2. Sesuai dengan kemampuan karena sebelum anak belajar ada tes penempatan.
  3. Maju dengan kemampuan sendiri.
  4. Bahan pelajaran tersusun atas langkah-langkah kecil (small steps) sehingga memperoleh kemampuan dasar yang kuat untuk mencapai tingkat yang lebih tinggi.
  5. Lembar kerja Kumon disusun untuk menumbuhkan sikap belajar mandiri.
  6. Anak mengerjakan soal secara mandiri bertahap dari tingkat yang mudah sampai tingkat yang lebih sulit.
  7. Mengembangkan kebiasaan belajar yang baik dan kemampuan belajar mandiri.
  8. Maju melampaui tingkatan kelas.
  9. Di Kumon, orangtua memegang peranan yang sangat penting.
  10. Belajar secara kontinu dengan metode Kumon akan bermanfaat dalam membentuk masa depan anak.

Kelebihan Metode Kumon

Dibawah ini ada beberapa Kelebihan dari metode pembelajaran kumon yaitu:

  1. Sesuai dengan kemampuan karena sebelum anak belajar ada tes penempatan sehingga anak tidak merasa tersiksa.
  2. Bahan pelajaran tersusun atas langkah-langkah kecil sehingga anak bisa memperoleh kemampuan dasar yang kuat.
  3. Anak mengerjakan soal secara mandiri bertahap dari tingkat yang mudah sampai tingkat yang lebih sulit bila mengalami kesulitan bisa melihat buku penyelesaian sehingga pembelajaran akan lebih bermakna.
Itulah Kelebihan Metode Sempoa, Jarimatika dan Kumon dalam Pembelajaran Matematika, yang dapat kami sajikan. Semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Wajib Tahu!, Kelebihan Metode Sempoa, Jarimatika dan Kumon dalam Pembelajaran Matematika"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel