Profil dan Biografi Al-Khawarizmi, Ilmuwan Matematika Sang Penemu Angka Nol

matematika.guruindonesia.id - Di kehidupan sehari-hari, terkadang untuk menentukan besar kecilnya suatu bilangan dengan banyaknya jumlah nol dibelakang suatu angka, sehubungan dengan itu pada kesempatan kali ini admin akan membagikan postingan seorang tokoh yang berkaitan dengan angka nol, yaitu Al-Khawarizmi, Ilmuwan Matematika Sang Penemu Angka Nol. 

Profil dan Biografi Al-Khawarizmi, Ilmuwan Matematika Sang Penemu Angka Nol
Al-Khawarizmi
Profil dan Biografi Al-Khawarizmi beliau terlahir dengan nama lengkap Muhammad bin Musa Al Khawarizmi, merupakan ilmuwan muslim yang merupakan Penemu Rumus AlJabar dan penemu bilangan Nol (0), beliau juga dikenal dengan berbagai nama dalam beberapa ejaan diantaranya Abu Abdullah Muhammad bin Ahmad bin Yusoff. Al-Khawarizmi dikenal di Dunia Barat dengan berbagai nama diantaranya al-Khawarizmi, al-Cowarizmi, al-Ahawizmi, al-Karismi, al-Goritmi, al-Gorismi.

Selain bidang Matematika Beliau juga seorang ilmuwan yang menguasai berbagai ragam disiplin ilmu diantaranya bidang astronomi, astrologi, dan geografi,

Secara ringkas biodata beliau disajikan sebagai berikut

Nama : Muḥammad bin Mūsā al-Khawārizmī
Dikenal : Al Khawarizmi
Lahir : Khwarezmia, Uzbekiztan, 780 M
Wafat : Baghdad, Irak, 850 M
Asal : Persia, Iran
Kontribusi : Aljabar, Angka Nol, Geometri

Buku pertamanya Al-Khwārizmī Al- Mukhtasar fi Hisab al-Jabr wa al-Muqabalah (Ringkasan Perhitungan Aljabar dan Perbandingan) adalah buku pertama yang membahas tentang solusi sistematika dari linear dan notasi kuadrat dan juga Al-Khawarizmi memperkenalkan angka nol yang dalam bahasa Arab yang disebut shifr, sehingga ia disebut sebagai Bapak Aljabar. 

Hasil karyanya memberikan dampak besar terhadap matematika dan kebahasaan salah satunya adalah kata "aljabar" yang diambil dari nama beliau, dalam bidang trigonometri dan astronomi beliau menggunakan Secans dan Tangen dalam dalam penyelidikan di bidang ini.

Baca juga:
Tips Agar Anak SD Menyukai Pelajaran Matematika

Penemuan yang paling dikenal adalah penggunaan angka nol dalam sistem bilangan yang sampai sekarang sistem bilangan ini masih digunakan. Pada awalnya, sebelum angka nol diperkenalkan oleh Al-Khawarizmi, ilmuwan dalam membedakan bilangan satuan, puluhan, ratusan, ribuan, dan seterus nya menggunakan daftar yang bernama abakus sebagai acuan yang berfungsi menjaga agar setiap angka dalam bilangan tidak saling tertukar dari tempat atau posisi mereka dalam hitungan. 

Sistem bilangan tersebut masih tetap digunakan hingga abad ke-12 M, ketika para ilmuwan Barat mulai memilih menggunakan angka Arab dalam sistem bilangan mereka. Raqm albinji atau angka Arab menggunakan angka nol yang diserap dari angka India, menghasilkan sistem penomoran baru yang dikenal dengan sistem penomoran desimal yang belum pernah digunakan pada sistem penomoran lainnya.

Demikianlah Profil dan Biografi Al-Khawarizmi, Ilmuwan Matematika Sang Penemu Angka Nol, semoga infromasi ini dapat bermanfaat, terutama untuk memotivasi peserta didik atau siswa dalam mempelajari matematika.

Belum ada Komentar untuk "Profil dan Biografi Al-Khawarizmi, Ilmuwan Matematika Sang Penemu Angka Nol"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel