RPP Matematika Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

matematika.guruindonesia.id - Bagi Sekolah yang telah mengimplementasikan kurikulum 2013 tentu saja guru yang ada di sekolah tersebut harus memiliki dokumen administrasi yang sesuai dengan Kurikulum 2013 salah satunya adalah Perangkat Pembelajaran berupa RPP, Program Tahunan, Program Semester dan perangkat administrasi lainnya.

RPP Matematika Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Matematika Kelas 8
Perubahan Kurikulum 2013 adalah revisi 2017, dimana ciri utama Revisi ini adalah penyusunan RPP harus memuat Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Kemampuan Abad 21 (4C), HOTS dan Literasi. RPP Mata Pelajaran Matematika Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang akan admin bagikan telah memuat keempat komponen tersebut karena disusun berdasarkan Permendikbud Nomor 20-24 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Isi, Standar, Standar Penilaian dan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. dengan dikeluarkannya Permendikbub ini maka kurikulum 2013 mengalami revisi untuk kesekian kalinya. tentunya saja dengan harapan Kurikulum ini semakin sempurna dalam proses implementasinya.

RPP Mata Pelajaran Matematika Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 secara lengkap kami sajikan sesuai dengan komponen dan sistematikanya.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : SMPN/S
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VIII/Genap
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 30 JP (12 Pertemuan)

A. Kompetensi Inti 
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang / teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) Pengetahuan
3.7   Menjelaskan sudut  pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya
3.8   Menjelaskan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran dan cara melukisnya
Kompetensi Dasar (KD)
4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya
4.8 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) Pengetahuan
3.7.1 Mengidentifikasi sudut pusat, sudut keliling, luas juring dan panjang busur lingkaran.
3.7.2 Menjelaskan hubungan antara sudut pusat, sudut keliling, luas juring dan panjang busur lingkaran
3.8.1 Mengidentifikasi garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran.
3.8.2 Menjelaskan cara melukis garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) Keterampilan
4.7.1 Menentukan hubungan sudut pusat dengan panjang busur.
4.7.2 Menentukan hubungan sudut pusat dengan luas juring.
4.7.3 Menentukan hubungan sudut pusat dengan sudut keliling.
4.7.4 Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait penerapan hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring
4.8.1 Menyelesaikan masalah nyata yang berkaitan dengan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran
4.8.2 Menyajikan hasil penyelesaian masalah yang berkaitan dengan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran

C. Tujuan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
• Memahami sudut pusat
• Memahami sudut keliling
• Menjelaskan sudut pusat dan sudut keliling

2. Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
• Mengetahui hubungan sudut pusat dengan sudut keliling
• Menentukan rumus hubungan sudut pusat dengan sudut keliling
• Memahami hubungan antara sudut pusat dengan sudut keliling

3. Pertemuan Ketiga
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
• Mengetahui hubungan sudut pusat dengan sudut keliling yang menghadap busur sama
• Menentukan rumus hubungan sudut pusat dengan sudut keliling yang menghadap busur sama
• Memahami hubungan antara sudut pusat dengan sudut keliling yang menghadap busur sama

4. Pertemuan Keempat
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
• Mengetahui bentuk segi empat tali busur
• Membuat segi empat tali busur

5. Pertemuan Kelima
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
• Memahami cara menentukan panjang busur
• Memahami cara menentukan luas lingkaran

6. Pertemuan Keenam
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
• Memahami hubungan sudut pusat dengan panjang busur
• Menjelaskan cara menentukan hubungan sudut pusat dengan panjang busur

7. Pertemuan Ketujuh
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
• Memahami hubungan sudut pusat dengan luas juring
• Menjelaskan cara menentukan hubungan antara sudut pusat dan luas juring

8. Pertemuan Kedelapan
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
• Menjelaskan Garis singgung pada satu lingkaran
• Menggambar Garis singgung pada satu lingkaran

9. Pertemuan Kesembilan
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
• Menjelaskan Garis singgung pada dua lingkaran
• Menggambar Garis singgung pada dua lingkaran

10. Pertemuan Kesepuluh
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
• Menjelaskan Panjang garis singgung persekutuan dalam lingkaran
• Menggambar panjang garis singgung persekutuan dalam lingkaran

11. Pertemuan Kesebelas
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
• Menjelaskan Panjang garis singgung persekutuan luar lingkaran
• Menggambar panjang garis singgung persekutuan luar lingkaran

12. Pertemuan Keduabelas
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
• Masalah yang berkaitan dengan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran

D. Materi Pembelajaran Reguler
       1. Lingkaran
           • Lingkaran
           • Unsur-unsur lingkaran
           • Hubungan sudut pusat dengan sudut keliling
           • Panjang busur
           • Luas juring
           • Garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran
           • Garis singgung persekutuan luar dua lingkaran

Baca Juga
RPP Matematika Kelas VII SMP Revisi 2017

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan :  Scientific Learning
2. Model Pembelajaran :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode Pembelajaran :  Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Penugasan

F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang (Slide Power point)
4. Whiteboard
5. Penggaris
6. Spidol

G. Sumber Belajar:
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Matematika Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Matematika Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Modul/bahan ajar,
4. Internet,
5. Sumber lain yang  relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
2. Kegiatan Inti
3. Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajara  Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
        a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
            1)  Tes Tertulis
                 a) Pilihan ganda
                 b) Uraian/esai
            2) Tes Lisan
         b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
            1) Proyek, pengamatan, wawancara’
                • Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
                • Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
                • Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
            2) Portofolio / unjuk kerja
                • Laporan tertulis individu/ kelompok
            3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
        • Terlampir

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
 • Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
 • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
• Melukis garis singgung lingkaran dan garis singgung persekutuan antara dua lingkaran  menggunakan jangka dan penggaris.
b. Pengayaan
• Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
• Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
• Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya Melakukan percobaan untuk menemukan rumus keliling lingkaran, panjang busur, luas juring, dan garis singgung persekutuan (dalam dan luar) antara dua lingkaran

Berikut ini tautan yang kami sediakan untuk mengunduh RPP Matematika Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester Genap

Belum ada Komentar untuk "RPP Matematika Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel