RPP Matematika Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

matematika.guruindonesia.id - Bagi Sekolah yang telah mengimplementasikan kurikulum 2013 tentu saja guru yang ada di sekolah tersebut harus memiliki dokumen administrasi yang sesuai dengan Kurikulum 2013 salah satunya adalah Perangkat Pembelajaran berupa RPP, Program Tahunan, Program Semester dan perangkat administrasi lainnya.

Download RPP Matematika Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Matematika Kelas IX
Perubahan Kurikulum 2013 adalah revisi 2017, dimana ciri utama Revisi ini adalah penyusunan RPP harus memuat Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Kemampuan Abad 21 (4C), HOTS dan Literasi. RPP Mata Pelajaran Matematika Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang akan admin bagikan telah memuat keempat komponen tersebut karena disusun berdasarkan Permendikbud Nomor 20-24 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Isi, Standar, Standar Penilaian dan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. dengan dikeluarkannya Permendikbub ini maka kurikulum 2013 mengalami revisi untuk kesekian kalinya. tentunya saja dengan harapan Kurikulum ini semakin sempurna dalam proses implementasinya.

RPP Mata Pelajaran Matematika Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 secara lengkap kami sajikan sesuai dengan komponen dan sistematikanya.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : SMPN/S
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / Genap
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi Pokok : Bangun Ruang Sisi Lengkung
Alokasi Waktu : 17 JP ( 7 Pertemuan)

A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang / teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) Pengetahuan
3.7 Membuat generalisasi luas permukaan dan volume berbagai bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola)
Kompetensi Dasar (KD) Keterampilan
4.7. Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola), serta gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) Pengetahuan
3.7.1. Mengetahui definisi tabung, kerucut dan bola.
3.7.2. Mengetahui jaring-jaring tabung dan kerucut.
3.7.3. Menentukan rumus luas permukaan tabung, kerucut, dan bola.
3.7.4. Menentukan rumus volume tabung, kerucut dan bola.
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) Keterampilan
4.7.1. Menentukan luas permukaan dari gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung.
4.7.2. Menentukan volume dari gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung.
4.7.3. Menyelesaikan masalah sehari-hari berdasarkan hasil pengamatan yang terkait.
4.7.4. Menyelesaikan masalah sehari-hari berdasarkan hasil pengamatan yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung serta gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung.

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat Mengetahui definisi tabung, kerucut dan bola dan dapat memberikan contoh beberapa benda yang berbentuk tabung kerucut dan bola, Mengetahui jaring-jaring tabung dan kerucut, Menentukan rumus luas permukaan tabung, kerucut dan bola, Menentukan rumus volume tabung, kerucut dan bola, Menentukan luas permukaan dari gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung, Menentukan volume dari gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung serta mampu Menyelesaikan masalah sehari-hari berdasarkan hasil pengamatan yang terkait, dan Menyelesaikan masalah sehari-hari berdasarkan hasil pengamatan yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung serta gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu  berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

D. Materi Pembelajaran Reguler
Bangun Ruang Sisi Lengkung
Tabung
Kerucut
Bola
Luas Permukaan: tabung,  kerucut, dan bola
Volume: tabung, kerucut dan bola
Pemecahan masalah yang melibatkan bangun ruang sisi lengkung

Baca Juga
RPP Matematika Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester Genap

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan :  Scientific Learning
2. Model Pembelajaran :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode Pembelajaran :  Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Penugasan

F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang (Slide Power point)
4. Whiteboard
5. Penggaris
6. Spidol

G. Sumber Belajar:
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas IX SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2018
2. Modul/bahan ajar,
3. Internet,
4. Sumber lain yang  relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Akhir

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
Terlampir

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
b. Pengayaan
Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.

Berikut ini tautan yang kami sediakan untuk mengunduh RPP Matematika Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester Genap

Belum ada Komentar untuk "RPP Matematika Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel