RPP Matematika Kelas VI Semester Genap Revisi 2018

matematika.guruindonesia.id - Selamat Pagi Bapak/Ibu Guru, semoga selalu diberikan kemudahan dalam menjalankan aktivitasnya. Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan RPP Matematika Kelas VI Semester Genap Revisi 2018. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa RPP merupakan bagian dari Perangkat Administrasi Guru yang wajib dimiliki.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Matematika Kelas 6 SD Semester Genap terdiri dari Tiga Bab, RPP Matematika Kelas VI Semester Genap ini memuat Literasi, PPK Kemampuan Abad 21 atau 4C dan HOTS.

RPP Matematika Kelas VI Semester Genap Revisi 2018
RPP Matematika Kelas VI Semester Genap Revisi 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan  : SDN
Mata Pelajaran    : Matematika
Kelas /Semester   : VI /Genap
Tahun Pelajaran   : 2018/2019
Materi Pokok   : Bilangan bulat negatif
Alokasi Waktu   : 18 JP (6 Pertemuan)

A. Kompetensi Inti
KI3: Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Menjelaskan bilangan bulat negatif (termasuk menggunakan garis bilangan)
4.1 Menggunakan konsep bilangan bulat negatif (termasuk mengggunakan garis bilangan) untuk menyatakan situasi sehari-hari

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menjelaskan Pengertian bilangan bulat
3.1.2 Menjelaskan pengertian bilangan bulat Negatif
3.1.3 Memahami bilangan bulat negatif dan lambangya
3.1.4 Mengurutkan bilangan bulat negatif (termasuk menggunakan garis bilangan)
4.1.1 Menyajikan konsep bilangan bulat negatif (termasuk mengggunakan garis bilangan) untuk menyatakan situasi sehari-hari
4.1.2 Menggunakan konsep bilangan bulat negatif (termasuk mengggunakan garis bilangan) untuk menyatakan situasi sehari-hari

C. Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan peserta didik diharapkan dapat Menjelaskan Pengertian bilangan bulat, Menjelaskan pengertian bilangan bulat Negatif, Memahami bilangan bulat negatif dan lambangya, Mengurutkan bilangan bulat negatif (termasuk menggunakan garis bilangan) serta mampu Menggunakan konsep bilangan bulat negatif (termasuk mengggunakan garis bilangan) untuk menyatakan situasi sehari-hari dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

D. Materi Pembelajaran
•Bilangan bulat negative
•Bilangan Bulat bulat adalah bilangan bukan pecahan yang terdiri dari bilangan :
•Bulat positif  (1, 2, 3, 4, 5, …)
•Nol  : 0
•Bulat Negatif ( …,-5,-4,-3,-2,-1)
•Bilangan Bulat Negative
Bilangan Bulat Negatif yakni merupakan salah satu bilangan bulat yang memiliki tanda negatif (-)   sebelum angkanya. Contoh bilangan bulat negatif yang sering kita temui adalah sebagai berikut: -1, -2, -3, -4, -5, -6, -7, -8, -9, ... dan seterusnya.
•Lambang bilangan bulat Negative
•Membandingkan bilangan bulat negative
•Mengurutkan Bilangkan bulat Negative

E. Metode Pembelajaran

  1. Pendekatan :  Scientific Learning
  2. Model Pembelajaran :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) 
  3. Metode :  Ceramah, Diskusi kelompok, Tanya Jawab, Penugasan

F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran

  1. Slide presentasi (ppt)
  2. Worksheet atau lembar kerja (siswa)
  3. Penggaris, spidol, papan tulis
  4. Laptop & infocus
  5. Perpustakaan sekolah

G. Sumber Belajar

  1. Buku Siswa MATEMATIKA Kelas VI
  2. Buku Petunjuk Guru MATEMATIKA Kelas VI
  3. Modul/bahan ajar
  4. Internet
  5. Modul lain yang relevan


H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan  

1. Teknik Penilaian
     a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
        1)  Tes Tertulis
              • Pilihan ganda
              • Uraian/esai
         2)  Tes Lisan
     b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
         1)  Proyek, pengamatan, wawancara’
              • Mempelajari buku teks dan sumbr lain tentang materi pokok
              • Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
              • Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
         2) Portofolio / unjuk kerja
              • Laporan tertulis individu/ kelompok 
         3) Produk, 
2. Instrumen Penilaian
        Terlampir

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
 a. Remedial
  • Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
  • Peserta didik yang belum menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh guru materi Guru akan melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).

 b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya 
  • Peserta didik yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pengayaan yang telah  disiapkan oleh  guru  berupa  pertanyaan-pertanyaan  pilihan ganda dalam buku panduan guru. Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan.
RPP ini disusun berdasarkan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Matematika SD Kelas VI terbaru dengan materi brsumber pada Buku Guru dan Buku Siswa Matematika Kelas VI Revisi 2018, KI dan KD matematika Kelas VI, serta buku guru dan Buku Siswa Matematika Kelas VI Revisi 2018yang bisa didapatkan dengan cara mengunjungi tautan berikut:

 KI dan KD Matematika Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018
Buku Guru dan Buku Siswa Matematika Kelas VI Revisi 2018

Demikian Contoh RPP Matematika Kelas VI Semester Genap Revisi 2018 yang dapat admin bagikan semoga bermanfaat. Secara lengkap, RPP Matematika Kelas VI Semester Genap Revisi 2018 dapat di download pada tautan berikut ini.

Belum ada Komentar untuk "RPP Matematika Kelas VI Semester Genap Revisi 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel