RPP Matematika Peminatan Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017

matematika.guruindonesia.id - RPP Matematika Peminatan Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang admin bagikan ini melanjutkan postingan admin sebelumnya yang berjudul RPP Matematika Wajib Kelas X SMA/SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester Genap, yang merupakan bagian dari perangkat pembelajaran matematika program peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, yang harus dimiliki oleh seorang guru yang mengampu mata pelajaran matematika Kelas X, RPP ini hukumnya wajib bagi guru yang sekolahnya telah mengimplementasikan kurikulum 2013. Perangkat Pembelajaran secara lengkap berupa RPP, Program Tahunan, Program Semester dan perangkat administrasi lainnya.

RPP Matematika Peminatan Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
Matematika Peminatan Kelas X

Perubahan Kurikulum 2013 adalah revisi 2017, dimana ciri utama Revisi ini adalah penyusunan RPP harus memuat Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Kemampuan Abad 21 (4C), HOTS dan Literasi. RPP Mata Pelajaran Matematika Peminatan Kelas 10 SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang akan admin bagikan telah memuat keempat komponen tersebut karena disusun berdasarkan Permendikbud Nomor 20-24 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Isi, Standar, Standar Penilaian dan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. dengan dikeluarkannya Permendikbub ini maka kurikulum 2013 mengalami revisi untuk kesekian kalinya. tentunya saja dengan harapan Kurikulum ini semakin sempurna dalam proses implementasinya.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : SMA N/S
Mata Pelajaran : Matematika (Peminatan)
Kelas /Semester : X/Ganjil
Materi Pokok : Fungsi Logaritma
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu         : 21 JP (7Pertemuan)

A. Kompetensi Inti
KI-3 Pengetahuan
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4 Keterampilan
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Mendeskripsikan dan menentukan penyelesaian fungsi eksponensial dan fungsi logaritma menggunakan masalah kontekstual, serta keberkaitanannya
4.1 Menyajikan dan  menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi eksponensial dan fungsi logaritma
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menjelaskan pengertian fungsi eksponesial dan fungsi logaritma
3.1.2 Menganalisis unsur-unsur yang terdapat pada fungsi eksponesial dan fungsi logaritma
3.1.3 Menganalisis grafik fungsi, sifat-sifat grafik fungsi eksponensial dan fungsi logaritma
3.1.4 Menentukan penyelesaian fungsi eksponensial dan fungsi logaritma menggunakan masalah kontekstual, serta keberkaitanannya
4.1.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi eksponensial dan fungsi logaritma

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning dipadukan dengan pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan mampu: Besikap logis dan kritis dalam mempelajari konsep fungsi logaritma, mejelaskan sifat-sifat logaritma, menyelesaikan masalah tentang fungsi logaritma, menyelesaikan masalah tentang persamaan logaritma, menyelesaikan masalah tentang pertidaksamaan logaritma. Dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, disiplin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu  berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

D. Materi Pembelajaran
Fungsi Logaritma
• Sifat-sifat logaritma
- Pengertian logaritma
- Nilai logaritma
- sifat-sifat logaritma
• Grafik fungsi Logaritma
- Pengertian fungsi Logaritma
- Bentuk umum fungsi logaritma
- Grafik fungsi logaritma
- Menggambar grafik fungsi logaritma
• Persamaan dan pertidaksamaan logaritma
- Bentuk-bentuk persamaan logaritma
- Penyelesaian persamaan logaritma
- Bentuk-bentuk pertidaksamaan logaritma
- Penyelesaian pertidaksamaan logaritma

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) 
3. Metode : Ceramah,Diskusi,Tanya jawab, Penugasan

F. Media, Alat dan bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector, 
2. Laptop, 
3. Bahan Tayang (slide power point)
4. Whiteboard
5. Spidol

G. Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Matematika (peminatan) kelas X Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku siswa Mata Pelajaran Matematika (peminatan) kelas  X Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
3. Internet
4. Buku teks pelajaran yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
2. Kegiatan Inti
3. Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan  
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
Laporan tertulis individu/ kelompok 
3) Produk, 
2. Instrumen Penilaian
Terlampir

3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
b. Pengayaan
Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.

Harapan admin tentu saja semoga postingan yang berjudul  RPP Matematika Peminatan Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017, dapat bermanfaat dan dapat dijadikan rujukan untuk melengkapi perangkat pembelajaran Matematika peminatan Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017.

Untuk mendapatkan RPP Matematika Peminatan Kelas X dapat diunduh pada akhir postingan, sedangkan untuk mendapatkan Perangkat Pembelajaran Matematika Kelas secara lengkap admin silahkan klik tautan ini,

Belum ada Komentar untuk "RPP Matematika Peminatan Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel