RPP Matematika SMK Nonteknologi Kelas X Kurikulum 2013 Revisi 2018

matematika.guruindonesia.id - Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Matematika SMK Nonteknologi Kelas X Kurikulum 2013 Revisi 2017. Materi pada RPP Bab 1 yaitu tentang Konsep Bilangan Berpangkat, Bentuk Akar Dan Logaritma Dalam Menyelesaikan Masalah, disajikan sebanyak 20 Jam Pelajaran atau sebanyak 5 kali Pertemuan. Penyusunan Perangkat pembelajaran Matematika Non Teknologi SMK Kelas X in disajikan secara lengkap sesuai dengan SK Dirjen Nomor 6 dan 7 Tahun 2018 tentang Spektrum dan Struktur Kurikulum SMK.
RPP Matematika SMK Nonteknologi Kelas X Kurikulum 2013 Revisi 2018
RPP Matematika Non Tekno X

Secara lengkap berikut contoh RPP  Matematika SMK Nonteknologi Kelas X Kurikulum 2013 Revisi 2018 sebagai berikut:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan :  SMK N/S
Mata Pelajaran :  Matematika
Materi :  Konsep Bilangan Berpangkat, Bentuk Akar Dan Logaritma Dalam Menyelesaikan Masalah
Kelas /Semester :  X/Ganjil
Alokasi Waktu :  20 Jam Pelajaran  (5  Pertemuan)
Tahun Pelajaran :  2018/2019

A. Kompetensi Inti (KI)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian matematikapada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian matematika
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Menerapkan konsep bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma dalam menyelesaikan masalah
4.1 Menyajikan penyelesaian masalah bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menemukan konsep eksponen
3.1.2 Menganalisis pangkat bulat negatif
3.1.3 Menjelaskan pangkat nol
3.1.4 Menjelaskan sifat-sifat pangkat bulat positif
3.1.5 Mendeskrifsikan pangkat pecahan
3.1.6 Mendeskrifsikan bentuk akar
3.1.7 Menganalisis hubungan bentuk akar dan bilangan berpangkat
3.1.8 Menjelaskan operasi pada bentuk akar
3.1.9 Menemukan konsep logaritma
3.1.10 Menganalisis sifat-sifat logaritma
4.1.1 Melaksanakan  penyelesaian masalah bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan dengan metode mind mapping, teknik ATM, dan pendekatan saintifik yang menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas, Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat
  • Menemukan Konsep Eksponen
  • Menganalisis Pangkat Bulat Negatif
  • Menjelaskan Pangkat Nol
  • Mendeskripsikan Bentuk Akar
  • Menemukan Konsep Logaritma
dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.

1. Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
  • Menemukan konsep eksponen
  • Menganalisis pangkat bulat negatif
2. Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
  • Menjelaskan pangkat nol
3. Pertemuan Ketiga
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
  • Mendeskrifsikan bentuk akar
  • Menganalisis hubungan bentuk akar dan bilangan berpangkat
  • Menjelaskan operasi pada bentuk akar
4. Pertemuan Keempat
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
  • Menemukan konsep logaritma
5. Pertemuan Kelima
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
  • Menganalisis sifat-sifat logaritma
Fokus nilai-nilai sikap
  • Peduli
  • Jujur berkarya
  • Tanggung jawab
  • Toleran
  • Kerjasama
  • Proaktif
  • kreatif

D. Materi Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran Reguler
a. Fakta
  • Jika grafik fungsi eksponen dicerminkan terhadap sumbu y = x, maka diperoleh grafik fungsi logaritma
b. Konsep
  • Perpangkatan dan penarikan akar adalah dua operasi yang saling berkebalikan. Artinya jika suatu bilangan dipangkatkan dan hasilnya diakarkan dengan pangkat akar yang sama dengan pangkat bilangan sebelumnya, maka hasilnya adalah bilangan semula.
c. Prinsip
  • Sifat-sifat perpangkatan dapat digunakan untuk menurunkan sifat-sifat penarikan  akar.
d. Prosedur
  • Operasi perpangkatan pasti merupakan eksponen, tetapi operasi eksponen belum tentu perpangkatan.
2. Materi Pembelajaran Remedial
  • Menemukan konsep logaritma
3. Materi Pembelajaran Pengayaan
  • Menganalisis sifat-sifat logaritma

E. Metode Pembelajaran
1. Model: Discovery Learning
2. Pendekatan : Saintifik Learning
3. Metode : Ceramah, Diskusi dan Pembelajaran

F. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat:
  • LCD Projector
  • Speaker aktif 
  • Note book
  • CD Pembelajaran interaktif ”
2. Bahan:
  • Kertas karton 
  • Spidol
3. Sumber Belajar:
  • Buku Siswa dan Buku guru
  • Situs Internet
  • Lingkungan Masyarakat sekitar
  • Sumber belajar lain yang mendukung
G. Langkah-langkah Pembelajaran
  • Kegiatan Pendahuluan
  • Kegiatan Inti
  • Kegiatan Penutup
H. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan  
1. Teknik Penilaian:
a. Sikap (Spiritual dan Sosial)
  • Observasi (jurnal)
  • Penilaian diri
  • Penilaian antarteman
b. Pengetahuan
  • Ter tertulis
c. Keterampilan
  • Kinerja
2. Instrumen Penilaian: Terlampir
3. Pembelajaran Remedial:
Kegiatan pembelajaran remedial dilaksanakan dalam bentuk:
  • Menganalisis Pangkat Bulat Negatif
4. Pembelajaran Pengayaan:
Kegiatan pembelajaran pengayaan dilaksanakan dalam bentuk:
  • Menganalisis sifat-sifat logaritma
Demikian Contoh RPP Matematika Non Teknik SMK Kelas X Semester Ganjil Revisi 2018 yang dapat admin bagikan pada kesempatan kali, semoga bermanfaat. Secara lengkap, Non Teknologi SMK Kelas X Semester Ganjil Revisi 2018 dapat di download tautan ini.

Belum ada Komentar untuk "RPP Matematika SMK Nonteknologi Kelas X Kurikulum 2013 Revisi 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel