RPP Matematika Wajib Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester Genap

matematika.guruindonesia.id - RPP Matematika Wajib Kelas X Kurikulum 2013 Revisi 2017, merupakan bagian dari perangkat pembelajaran matematika yang harus dimiliki oleh seorang guru yang mengampu mata pelajaran matematika Kelas X, RPP ini tentunya dibutuhkan bagi sekolah yang telah mengimplementasikan kurikulum 2013 tentu saja guru yang ada di sekolahnya. Perangkat Pembelajaran secara lengkap berupa RPP, Program Tahunan, Program Semester dan perangkat administrasi lainnya.

RPP Matematika Wajib Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester Genap
RPP Matematika Wajib Kelas X

Perubahan Kurikulum 2013 adalah revisi 2017, dimana ciri utama Revisi ini adalah penyusunan RPP harus memuat Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Kemampuan Abad 21 (4C), HOTS dan Literasi. RPP Mata Pelajaran Matematika Wajib Kelas 10 SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang akan admin bagikan telah memuat keempat komponen tersebut karena disusun berdasarkan Permendikbud Nomor 20-24 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Isi, Standar, Standar Penilaian dan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. dengan dikeluarkannya Permendikbub ini maka kurikulum 2013 mengalami revisi untuk kesekian kalinya. tentunya saja dengan harapan Kurikulum ini semakin sempurna dalam proses implementasinya.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah    :  SMAN 1 
Mata pelajaran   : Matematika Wajib
Kelas/Semester  : X/ 2
Tahun Pelajaran : 2018 / 2019
Alokasi Waktu   : 8 × 45 menit (4 Pertemuan)

A. Kompetensi Inti
KI PENGETAHUAN (KI 3)
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI KETERAMPILAN (KI 4)
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar  dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR DARI KI 3
3.7 Menjelaskan rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku
KOMPETENSI DASAR DARI KI 4
4.7 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan  rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku 
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK) DARI KD 3.7
3.7.1 Mendeskripsikan hubungan radian ke derajat
3.7.2 Mendeskripsikan hubungan derajat ke radian. 
3.7.3 Menggunakan konsep sinus pada suatu  segitiga siku-siku 
3.7.4 Menggunakan konsep cosinus pada suatu segitiga siku-siku 
3.7.5 Menggunakan konsep tangen pada suatu segitiga siku-siku 
3.7.6 Menggunakan konsep cosecan pada suatu segitiga siku-siku. 
3.7.7 Menggunakan konsep secan pada suatu segitiga siku-siku 
3.7.8 Menggunakan konsep cotangen pada suatu segitiga siku-siku.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK) DARI KD 4.7
4.7.1. Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan trigonometri  pada segitiga siku-siku  
4.7.2. Menyelesaikan masalah  perbandingan trigonometri dengan mengukur tinggi sebuah menara

C.Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan dengan metode mind mapping, teknik ATM, dan pendekatan saintifik yang menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas,peserta didik dapat Menjelaskan rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku. 
Selain itu, peserta didik dapat Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan  rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku, dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.

D. Materi 
Trigonometri 
1. Pengukuran sudut 
2. Perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku

E. Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
Pendekatan : saintifik
Metode : mind mapping, teknik ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi), diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
Model : discovery learning

F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
Media/Alat : Lembar Kerja, Penggaris, Papan Tulis/White Board, LCD

G. Sumber Belajar 
1. Buku Matematika (Umum) Kelas X, Kementerian dan Kebudayaan Tahun 2017.
2. Buku Matematika (Wajib) Kelas X, Karangan: Sukino, Penerbit Erlangga Tahun 2016.
3. Internet. 
4. Sumber lain yang relevan

H. Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
2. Kegiatan Inti
3. Kegiatan Penutup

I. Penilaian
1. Teknik Penilaian: 
a) Penilaian Sikap : Observasi/pengamatan
b) Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
c) Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik

2. Bentuk Penilaian :
a) Observasi : lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b) Tes tertulis : uraian dan lembar kerja
c) Unjuk kerja : lembar penilaian presentasi

3. Instrumen Penilaian (terlampir)

4. Remedial
- Pembelajaran remedial dilakukan bagi siswa yang capaian KD nya belum tuntas 
- Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
- Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali ters remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.

5. Pengayaan
- Bagi siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a) Siwa yang mencapai nilai   diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b) Siwa yang mencapai nilai   diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.

RPP Matematika Wajib Kelas X Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester Genap, yang dapat admin sajikan sebagai referensi dalam penyusunan dan penyediaan perangkat pembelajaran RPP Matematika Kelas X jenjang SMA/MA.

Untuk mendapatkan Perangkat pembelajaran Matematika Wajib Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 revisi 2017 secara lengkap pada tautan ini.

Secara lengkap RPP Contoh Matematika Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017, Materi Trigonometri dapat di download pada file berikut. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "RPP Matematika Wajib Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester Genap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel