RPP Matematika Wajib Kelas XI SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017

matematika.guruindonesia.idRPP Matematika Wajib Kelas XI SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017merupakan bagian dari perangkat pembelajaran matematika yang harus dimiliki oleh seorang guru yang mengampu mata pelajaran matematika Kelas XI, RPP ini tentunya dibutuhkan bagi sekolah yang telah mengimplementasikan kurikulum 2013 tentu saja guru yang ada di sekolahnya. Perangkat Pembelajaran secara lengkap berupa RPP, Program Tahunan, Program Semester dan perangkat administrasi lainnya.

Perubahan Kurikulum 2013 adalah revisi 2017, dimana ciri utama Revisi ini adalah penyusunan RPP harus memuat Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Kemampuan Abad 21 (4C), HOTS dan Literasi. RPP Mata Pelajaran Matematika Wajib Kelas 10 SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang akan admin bagikan telah memuat keempat komponen tersebut karena disusun berdasarkan Permendikbud Nomor 20-24 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Isi, Standar, Standar Penilaian dan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. dengan dikeluarkannya Permendikbub ini maka kurikulum 2013 mengalami revisi untuk kesekian kalinya. tentunya saja dengan harapan Kurikulum ini semakin sempurna dalam proses implementasinya.

Berikut ini adalah RPP Matematika Wajib Kelas XI SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan :  SMA N/S
Mata Pelajaran :  Matematika Wajib
Kelas /Semester :  XI/Genap
Tahun Pelajaran :  2018/2019
Materi Pokok :  Barisan
Alokasi Waktu :  28 JP (7 Pertemuan)

A. Kompetensi Inti
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalamranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumberlain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.6 Menggeneralisasi pola bilangan dan jumlah pada barisan Aritmetika dan Geometri
4.6 Menggunakan pola barisan aritmetika atau geometri untuk menyajikan dan menyelesaikan masalah kontekstual (termasuk pertumbuhan, peluruhan, bunga majemuk, dan anuitas)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.6.1 Mendefinisikan Barisan
3.6.2 Menyatakan Pola
4.6.1. Menyajikan model matematika dari suatu masalah nyata yang berkaitan dengan barisan
4.6.2. Masalah kontekstual berkaitan dengan pertumbuhan, peluruhan, bunga majemuk, dan anuitas 

C. Tujuan Pembelajaran
Pembelajaran materi barisan melalui  pengamatan, tanya jawab, penugasan individu dan kelompok, diskusi kelompok, dan penemuan (dicovery)  diharapkansiswa dapat:
1. Melatih sikap sosial berani bertanya, berpendapat, mau mendengar orang lain, bekerja sama dalam diskusi di kelompok sehingga terbiasa berani bertanya, berpendapat, mau mendengar orang lain, bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari
2. Menunjukkan ingin tahu selama mengikuti proses pembelajaran
3. Bertanggung jawab terhadap kelompoknya dalam menyelesaikan tugasnya
4. Menjelaskan pengertian barisan
5. Menjelaskan dengan kata-kata dan menyatakan masalah dalam sehari-hari yang berkaitan dengan barisan
6. Menunjukkan pola barisan
7. Menyajikan model matematika berdasarkan masalah nyata berkaitan dengan barisan.
.
D. Materi Pembelajaran
Menemukan Pola Barisan
Menemukan Konsep Barisan Aritmetika
Menemukan Konsep Barisan Geometri
Aplikasi Barisan
- Pertumbuhan 
- Peluruhan
- Bunga Majemuk 
- Anuitas

E. MetodePembelajaran
1. Pendekatan :  Scientific Learning
2. Model Pembelajaran :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode Pembelajaran :  ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) Ceramah, Diskusi/Tanya jawab, 
Penugasan

F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. LKS
2. White board
3. Spidol 
4. Media LCD projector, 
5. Laptop, 
6. Bahan Tayang ( Slide power point)

G. Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Siswa Mata Pelajaran Matematika kelas XI. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Mata Pelajaran Matematika kelas XI. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Internet
4. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan  
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
Laporan tertulis individu/ kelompok 
3) Produk
2. Instrumen Penilaian
Terlampir

3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
Remedial merupakan perbaikan proses pembelajaran yang bertujuan pada pencapaian kompetensi dasar siswa. Guru memberikan perbaikan pembelajaran baik pada model, metode serta strategi pembelajaran. Jika guru melakukan pembelajaran dengan pola yang sama tidaklah maksimal sehingga disarankan guru memilih tindakan pembelajaran yang tepat sehingga siswa mampu memenuhi KD yang diharapkan.
Perlu dipahami oleh guru, bahwa remedial bukan mengulang tes (ulangan harian) dengan materi yang sama, tetapi guru memberikan perbaikan pembelajaran pada KD yang belum dikuasai oleh peserta didik melalui upaya tertentu. Setelah perbaikan pembelajaran dilakukan, guru melakukan tes untuk mengetahui apakah peserta didik telah memenuhi kompetensi minimal dari KD yang diremedialkan.

b. Pengayaan
Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
Pengayaan merupakan kegiatan yang diberikan kepada siswa yang memiliki  aselerasi pencapaian KD yang cepat (nilai maksimal) agar potensinya berkembang optimal dengan memanfaatkan sisa waktu yang dimilikinya.Guru sebaiknya merancang kegiatan pembelajaran lanjut yang terkait dengan barisan pada siswa


RPP Matematika Wajib Kelas XI Kurikulum 2013 Revisi 2017, yang dapat admin sajikan sebagai referensi dalam penyusunan dan penyediaan perangkat pembelajaran RPP Matematika Kelas XI jenjang SMA/MA.

Untuk mendapatkan Perangkat pembelajaran Matematika Wajib Kelas XI SMA/MA Kurikulum 2013 revisi 2017 secara lengkap pada tautan ini.

Secara lengkap RPP Contoh Matematika Kelas XI SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017, Materi Barisan dapat di download pada pranala berikut ini. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "RPP Matematika Wajib Kelas XI SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel