Tips Agar Anak SD Menyukai Pelajaran Matematika


https://matematika.guruindonesia.id/ Penyajian Materi Harus Menarik
Matematika SD
matematika.guruindonesia.id. Jenjang Sekolah Dasar dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelas bawah yang terdiri dari kelas 1-3 dan kelas atas terdiri dari kelas 4-6. Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika Kurikulum 2013 jenjang Sekolah Dasar pada kedua kelompok itu berbeda dalam pelaksanaan pembelajarannya untuk kelas 1-3 matematika diajarkan secara terpadu dalam tematik, sedangkan pada kelas 4-6 matematika diajarkan secara terpisah. 

Pada Jenjang Sekolah Dasar inilah dasar-dasar matematika diajarkan, mulai dari jenis bilangan, operasi matematika, pengukuran dan geometri, sehingga penguasaan konsep dasar ini sangat penting untuk dikuasai siswa, namun ini bukanlah perkara mudah, karena matematika penuh dengan angka yang rumit,sehingga siswa mudah bosan dan malas dan yang lebih ekstrim takut terhadap pelajaran matematika.

Secara umum anak tidak menyukai matematika dibagi menjadi dua yaitu pertama karena matematika tidak menarik dan kedua karena masalah rendahnya pemahaman atas konsep-konsep kuantitatif matematika atau diskalkulia atau kesulitan belajar menghitung.

Beberapa cara yang dapat dilakukan agar kegiatan pembelajaran matematika pada anak Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah, menyenangkan diantaranya sebagai berikut:

1. Penyajian materi harus menarik. 
Memberikan materi terhadaps iswa tidak hanya melalui ceramah tetapi dalam bentuk permainan, diskusi, atau kegiatan luar ruangan. agar siswa tidak merasa jenuh dan bosan dengan hanya mendengarkan ceramah dari guru.

2. Berikan Motivasi
Sampaikan tujuan, dan manfaat materi yang disampaikan terutama dalam kehidupan sehari-hari. Jika seorang anak telah mengetahui manfaat dari penerapan materi maka mereka akan terdorong untuk menguasai materi tersebut.

3. Materi pelajaran matematika disampaikan dengan cara bercerita dan memberi contoh. 
Memahami pelajaran matematika bukan dengan hanya menghafal rumus, melainkan dengan berpikir logis dalam memecahkan masalah matematis. Daya pikir dan logika anak akan berkembang saat permasalahan matematis dirangkai dalam suatu bentuk cerita yang menarik. 

4. Menerjemahkan permasalahan matematika dalam bentuk permainan. 
Misalnya permainan peran sebagai penjual dan pembeli untuk konsep pengurangan dan penjumlahan pada sekolah dasar bisa dikenalkan melalui permainan peran sebagai penjual dan pembeli.

5. Mengerjakan soal matematika dengan cara berlomba. 
Kegiatan perlombaan akan membuat anak termotivasi untuk menyelesaikan soal matematika dan cara ini lebih menyenangkan apalagi jika ada reward yang bisa diterapkan.

6. Siswa diberikan pembiasaan hitungan matematika yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari terutama di kelas.
7. Menceritakan kisah sukses dari ilmuwan dunia terutama yang relevan dengan materi yang akan diajarkan agar menumbuhkan motivasi serta teladan bagi peserta didik.

8. Selalu Melibatkan kemampuan anak untuk memecahkan masalah matematika. 
Misalnya anak diberikan permasalahan matematis yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari dan diajak untuk menyelesaikannya secara matematis.

9. Menggunakan teknologi sebagai alat bantu. 
Penggunaan alat peraga atau multimedia agar peserta didik lebih mudah memahami materi yang akan diajarkan

10. Membuat karya yang berhubungan dengan materi matematika yang kemudian dipamerkan di depan kelas atau diikutkan dalam berbagai kegiatan  lomba. 

Hal ini akan mengembangkan kemampuan siswa tidak hanya berkaitan dengan pemahaman tentang materi matematika tetapi juga kreativitasnya.

Tips Agar Anak SD Menyukai Pelajaran Matematika, bukan merupakan sebuah pedoman yang baku, akan tetapi Bapak/Ibu guru dapat memilih dari 10 langkah tersebut sesuai dengan situasi dan kondisi pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung.

Semoga dengan pemilihan cara atau metode pembelajaran matematika ini dapat bermanfaat, dan akan menghilangkan stigma matematika sebagai mata pelajaran yang sulit. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tips Agar Anak SD Menyukai Pelajaran Matematika"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel