Analisis SKL, KI, KD, IPK dan Materi Pelajaran Matematika Kelas VII Kurikulum 2013 Revisi 2017

matematika.guruindonesia.id - Analisis SKL, KI, KD, IPK dan Materi Pelajaran Matematika Kelas VII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 sebagai adalah salah satu perangkat pembelajaran yang wajib dimiliki oleh seorang guru dalam memenuhi tugasa pokok dan fungsinya sebagai guru.

Analisis SKL, KI, KD, IPK dan Materi Pelajaran Matematika Kelas VII Kurikulum 2013 Revisi 2017
Analisis SKL, KI, KD, IPK dan Materi Matematika SMP 

Sebagai guru profesional tentunya Bapak/Ibu mampu menyusun Analisis SKL, KI, KD, IPK dan materi Pelajaran pada mata pelajaran yang Bapak/Ibu ampu. Namun admin hanya mengingatkan kembali tentang pengertian SKL, KI , KD dan IPK, saya singgung sedikit:

SKL (Standar Kompetensi Lulusan) adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan

Tujuan dari SKL adalah digunakan sebagai acuan utama pengembangan 8 Standar Nasional Pendidikan berupa standar isi, standar proses, standar penilaian pendidikan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan.

Ruang Lingkup SKL terdiri atas kriteria kualifikasi kemampuan peserta didik yang diharapkan dapat dicapai setelah menyelesaikan masa belajarnya di satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah

Sikap
Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap :
1. beriman  dan  bertakwa kepada Tuhan YME,
2. berkarakter, jujur, dan peduli,
3. bertanggungjawab,
4. pembelajar sejati  sepanjang hayat, dan
5. sehat jasmani dan  rohani
Sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.

Pengetahuan
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berkenaan dengan :
1. ilmu pengetahuan,
2. teknologi,
3. seni, dan
4. budaya.
Mampu mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks diri
sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.

Keterampilan
Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak:
1. kreatif,
2. produktif,
3. kritis,
4. mandiri,
5. kolaboratif, dan
6. komunikatif
melalui pendekatan ilmiah  sesuai dengan yang dipelajari di satuan pendidikan dan sumber lain secara mandiri

Kompetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Baca Juga:RPP Matematika Kelas VII SMP Revisi 2017 


3.7 Menjelaskan rasio dua besaran (satuannya sama dan berbeda)
3.8     Membedakan perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan menggunakan table data, grafik, dan persamaan
4.7     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rasio dua besaran (satuannya sama dan berbeda)
4.8     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan senilai dan berbalik nilai

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.7.1 Membedakan masalah yang berkaitan dengan perbandingan (rasio) dan yang bukan.
3.7.2    Menjelaskan tarif, kelajuan, kurs dari satuan yang berbeda.
3.8.1. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan (rasio).
3.8.2. Menentukan perbandingan yang ekuivalen.
3.8.3. Menjelaskan perbandingan senilai (proporsi) sebagai suatu pernyataan dari dua perbandingan yang ekuivalen 5 : 2 = 10 : 4.
4.7.1. Membuat suatu perbandingan senilai untuk menentukan nilai x dalam 5 : 2 = 10 : x.
4.7.2. Membedakan masalah perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan  menggunakan tabel, grafik dan persamaan.
4.8.1 Menggunakan berbagai macam strategi termasuk tabel dan grafik untuk  menyelesaikan masalah perbandingan senilai dan berbalik nilai.
4.8.2 Menggunakan berbagai macam strategi termasuk tabel dan grafik untuk  menyelesaikan masalah perbandingan senilai dan berbalik nilai

Itulah Contoh Analisis SKL, KI, KD, IPK dan Materi Pelajaran Matematika Kelas VII Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester Genap, yang dapat dijadikan sebagai referensi dalam menyusun perangkat pembelajaran secara lengkap. Terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Silahkan download pada pranala berikut.

Belum ada Komentar untuk "Analisis SKL, KI, KD, IPK dan Materi Pelajaran Matematika Kelas VII Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel