Analisis SKL.KI, KD dan Materi Pelajaran Matematika Wajib Kelas X Revisi 2017

Matematika.guruindonesia.id - Bapak/Ibu guru yang membutuhkan Analisis SKL, KI, KD, IPK dan Materi Pelajaran Matematika Wajib Kelas X Kurikulum 2013 Revisi 2017 sebagai bahan dalam menyusun perangkat pembelajaran, anda berada ditempat yang benar karena admin sediakan pada postingan berikut ini.

Sekadar pengingat apa itu SKL, KI , KD dan IPK, saya singgung sedikit:

Analisis SKL.KI, KD dan Materi Pelajaran Matematika Wajib Kelas X Revisi 2017
SKL, KI, KD, IPK, Materi
Pengertian
Standar Kompetensi Lulusan adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan

Tujuan
Standar Kompetensi Lulusan digunakan sebagai acuan utama pengembangan standar isi, standar proses, standar penilaian pendidikan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan.

Ruang Lingkup
Standar Kompetensi Lulusan terdiri atas kriteria kualifikasi kemampuan peserta didik yang diharapkan dapat dicapai setelah menyelesaikan masa belajarnya di satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah

Sikap
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap:
Beriman  dan bertakwa kepadaTuhan YME,
berkarakter, jujur,dan peduli,
bertanggungjawab,
pembelajar sejati sepanjang hayat,dan
sehat jasmani dan rohani
sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan internasional.

Pengetahuan
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks berkenaan dengan:
ilmu pengetahuan,
teknologi,
Mampu mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, serta kawasan regionaldan internasional.

Keterampilan
Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak:
kreatif,
produktif,
kritis,
mandiri,
kolaboratif, dan
komunikatif
melalui pendekatan ilmiah sebagai pengembangan dari yang dipelajari di satuan pendidikan dan sumber lain secara mandiri.

Kompetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
3. Memahami, menganalisis, menerapkan dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,danprocedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

Berikut ini adalah contoh Analisis SKL KI KD, IPK dan Materi Pembelajaran Matematika Wajib Kelas X untuk Kompetensi Dasar dengan Materi Pembelajaran Trigonometri Berikut ini:

Kompetensi Dasar (KD)
3.7 Menjelaskan rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku
4.7 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku

Indikator Pencapaiaan Kompetensi (IPK)
3.7.1 Mendeskripsikan hubungan radian ke derajat
3.7.2 Mendeskripsikan hubungan derajat ke radian.
3.7.3 Menggunakan konsep sinus pada suatu  segitiga siku-siku
3.7.4 Menggunakan konsep cosinus pada suatu segitiga siku-siku
3.7.5 Menggunakan konsep tangen pada suatu segitiga siku-siku
3.7.6 Menggunakan konsep cosecan pada suatu segitiga siku-siku.
3.7.7 Menggunakan konsep secan pada suatu segitiga siku-siku
3.7.8 Menggunakan konsep cotangen pada suatu segitiga siku-siku.
4.7.1. Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan trigonometri  pada segitiga siku-siku
4.7.2. Menyelesaikan masalah  perbandingan trigonometri dengan mengukur tinggi sebuah menara


Belum ada Komentar untuk "Analisis SKL.KI, KD dan Materi Pelajaran Matematika Wajib Kelas X Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel