Aplikasi yang Wajib digunakan Guru, Agar Belajar Mudah dan Menyenangkan

matematika.guruindonesia,id - Penggunaan teknologi informasi dan komuniksi dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran akan menjadikan kegiatan belajar mengajar menyenangkan dan terhindar dari perasaaan jenuh.
Banyak ragam aplikasi yang dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar baik oleh guru maupun oleh siswa, pada kesempatan kali ini admin akan menyajikan beberapa aplikasi yang dapat digunakan oleh guru, Mari kita ulas satu persatu berikut ini.

1. Aurasma
4. Edmodo
10. Versal
11. Emaze
13. ZipGrade

1. Aurasma
Dengan Aplikasi Aurasma memungkinkan guru membuat gambar-gambar yang dapat memicu peserta didik atau murid memahami pelajaran dan memperkaya anak didik dengan pengalaman visual.

2. PlagScan
PlagScan membantu guru melacak upaya plagiarisme. Sebab, saat ini banyak peserta didik atau murid yang mencoba menjiplak tulisan atau karya orang lain untuk tugas mereka. Apalagi di zaman canggih yang serba mengandalkan Internet. Sering kali karya tulis plagiat tak terdeteksi oleh guru.

3. Paper.li
Setiap hari, para guru menyampaikan berbagai topik di hadapan para peserta didik atau murid. Jika guru melakukannya dengan model ceramah, kemungkinan banyak siswa bosan. Paper.li dirancang untuk merangkum hal-hal yang disampaikan guru melalui teks dengan konten yang relevan melalui bacaan seperti koran. Paper.li memang semacam media sosial yang memungkinkan pemakai menikmatinya dengan gaya membaca surat kabar.

4. Edmodo
Edmodo adalah media sosial online yang khusus dirancang digunakan di kelas. Guru dapat membuat akun dan mengundang peserta didik atau murid serta orang tuanya agar ketiganya terhubung. Aplikasi ini dapat digunakan sebagai tempat diskusi, menyiarkan pengumuman, dan menciptakan lingkungan kolaboratif yang melibatkan orang tua, peserta didik atau murid dan pendidik.

5. ZipGrade
ZipGrade adalah aplikasi penilaian dengan gradasi. Tidak perlu menunggu menggunakan mesin Scantron atau pemindai. Siswa dapat langsung menerima umpan penilaian dan melihat skor tes setelah mereka selesai mengerjakan soal. Aplikasi ini membantu para guru membuat dan mencetak tugas. Soal yang diberikan bisa langsung dipindai lewat ponsel pintar. Yang harus dilakukan adalah menyelaraskan kotak pada lembar gradasi dengan kotak pada aplikasi.

6. WriteAbout
Guru dapat meningkatkan minat membaca dan menulis siswa dengan aplikasi WriteAbout. peserta didik atau murid diberi kesempatan untuk menuliskan hal-hal menarik yang mereka jumpai dan sukai. WriteAbout adalah sebuah platform tempat siswa dapat menulis, memberi dan menerima umpan balik satu sama lain, dan mempublikasikan karya mereka. Guru dapat memberi saran dan masukan.
7. Kaizena.
Aplikasi ini mempermudah guru dan siswa dalam melakukan berbagai hal diantaranya dengan Google Docs memungkinkan guru memberi feedback kepada tugas yang telah dikerjakan siswa melalui website Kaizena. Guru tak perlu repot-repot mengetik penilaian, tapi cukup memberi feedback lewat suara. Bahkan, siswa tidak perlu menunggu guru memeriksa pekerjaan mereka. Sebaliknya, mereka dapat meminta saran dan umpan balik yang dibutuhkannya.

8. ProCustomWriting
Selain digunakan untuk memberikan tes, kuis dan ujian, Guru dapat menggunakan aplikasi ini untuk meningkatkan kemampuan dalam menulis.

9. Storyboard That
Guru menggunakan aplikasi ini untuk membantu siswa membuat storyboard yang berkaitan dengan topik kebahasaan atau sejarah. Aplikasi ini membantu proses belajar siswa menggunakan pendekatan kreatif dan visual untuk menunjukkan karakter dan alur cerita untuk membangun cerita serta untuk menghidupkan kembali peristiwa sejarah. Setelah siswa menciptakan storyboard, hasil dapat disimpan dan menjadi tayangan presentasi, PDF doc, atau cels dalam aplikasi tersebut.

10. Google Cardboard
Google telah menyediakan kacamata virtual reality yang terbuat dari karton. Alat ini bisa dibuat sendiri oleh guru dan siswa. Modalnya Cuma ponsel pintar Android, kardus, dan komponen lain yang harganya tak mahal.

11. Versal
Aplikasi Versal ini dapat dimanfaatkan guru untuk memberikan kursus kepada siswa. Kursus ini bisa berupa video, jadwal interaktif, model 3D, dan berbagai konten yang sangat menarik. Guru juga dapat mengunduh konten atau mengimpornya dai Internet.

12. Emaze untuk presentasi yang menakjubkan.
Seorang Guru atau pendidik dapat menggunakan Aplikasi Emaze untuk membuat presentasi yang menarik dan diingat para siswa. Emaze adalah software presentasi online yang dibuat dengan teknologi html5. Penggunanya dapat membuat, menentukan dan membagikan presentasi mereka melalui cloud-based SaaS system. Tak hanya buat guru, siswa pun dapat menggunakan alat ini untuk membuat presentasi dengan berbagai topik.

13. Plickers
Plicker membantu para guru melakukan penilaian secara formatif menggunakan kode. Perangkat yang dibutuhkan hanya tablet atau telepon pintar. Plickers bisa diunduh dari application store. Aplikasi Plickers juga dapat digunakan guru untuk memberikan soal pilihan ganda kepada siswa.

Itulah Aplikasi yang dapat digunakan oleh guru agar pembelajaran dapat menjadi menarik dan inovatif, guru dapat memilih beberapa aplikasi di atas sesuai dengan keperluan, situasi dan kondisi sekolah tentunya.

Semoga bermanfaat 

Belum ada Komentar untuk "Aplikasi yang Wajib digunakan Guru, Agar Belajar Mudah dan Menyenangkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel