Biografi, Leonhard Euler Ilmuwan Swiss Penemu Bilangan Euler

matematika.guruindonesia.id -  Selamat siang Sahabat Guru Matematika, pada kesempatan yang berbahagia ini admin tak lupa berdoa agar para pembaca semua dalam kondisi sehat, dan dimudahkan dalam menunaikan segala aktivitasnya. Postingan kali ini admin akan akan mengulas tentang Biografi seorang ilmuwan yang menemukan sebuah bilangan yang sangat penting dalam bidang matematika yaitu bilangan yang diberi nama sesuai dengan namanya yaitu Bilangan Euler.

Selayang Pandang

Leonhard Euler adalah seorang seorang ilmuwan dalam bidang Fisika pada abad ke-18 dan beliau juga merupakan seorang sarjana yang memiliki kontribusi yang besar dalam banyak konsep yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam matematika modern.

Leonhard Euler lahir pada tanggal 15 April 1707, di Kota Basel, Swiss, Beliau adalah salah satu Perintis pemikir matematika, Meniti karir sebagai sarjana Akademi dan memberikan kontribusi besar terhadap berbagai bidang matematika diantaranya bidang geometri, trigonometri dan kalkulus. Selam hidupnya sangat produktif dalam menghasilkan karya tulis ini dibuktikan dengan terbitnya ratusan artikel dan dia tetap melakukan publikasi meskipun beliau telah kehilangan pandangannnya. Beliau menutup usia pada tanggal 18 September 1783.

Biografi, Leonhard Euler Ilmuwan Swiss Penemu Bilangan Euler
Leonhard Euler

Biografi

Leonhard Euler Lahir pada 15 April 1707, di Basel, Swiss. pada mulanya beliau disiapkan sebagai pendeta di pedesaaan, namun kecenderungan bakatnya terhadap bidang matematika telah merubah jalan hidupnya, Beliau berguru kepada seorang ilmuwan Johan Bernaoulli, dan masuk Univeritas Basel dan meraih gelar master pada usia yang sangat belia. Pada tahun 1927 Euler muda pindah ke Rusia, beliau bertugas di Angkatan Laut namun akhirnya bergabung dengan St. Peterburg Academy sebagai Profesor di bidang Fisika, kemudian menjabat Divisi Matematika

Dalam kehidupan berkeluarga Ia menikah dengan Katharina Gsell pada awal 1734, dengan pasangan tersebut dikaruniai banyak namu hanya 5 orang anak yang hidup, Setelah Istrinya meninggal Beberapa tahun kemudian Euler menikah lagi dengan saudari tirinya.

Buku pertama yang diterbitkan pada tahun 1736 buku ini membahas tentang Mechanica Pada akhir dekade kehidupannya, beliau kehilangan pandangan mata sebelah kanan diakibatkan menderita demam dan kelelahan karena mengerjakan bidang Kartografi.

Kepala Akademi Ilmu Pengetahuan

Pada pertengahan 1790-an, Euler diangkat sebagai Direktur matematika Akademi Ilmu pengetahuan dan Beaux Arts yang baru didirikan di Berlin, beliau berperan sebagai pimpinan dan manajemen organisasi yang teah didirikan sejak 1759. Pada 1766 kembali ke Rusia untuk mengepalai Akademi St. Petersburg.

Pada awal 1770-an, Euler telah kehilangan pandangannya sepenuhnya setelah tidak memungkinkan penyembuhan yang tepat setelah operasi. Namun, dengan pikiran yang tetap sangat lincah, ia mampu melanjutkan pekerjaan ilmiah dan dengan bantuan menerbitkan sejumlah artikel.
Karya Besarnya

Selama kariernya, Euler datang dengan berbagai prinsip yang meletakkan dasar bagi banyak bidang matematika modern seperti yang kita kenal sekarang ini. Dia adalah seorang pemikir revolusioner di bidang geometri, trigonometri, kalkulus, persamaan diferensial, teori bilangan dan sistem penulisan-termasuk pemanfaatan π dan f (x)-di antara legiun prestasi lainnya. Teorema Identitas Euler-nya sering dikutip sebagai yang paling menyenangkan dari persamaan dan karyanya juga difokuskan pada bidang astronomi/gerakan lunar, akustik, mekanik dan musik.

Euler adalah seorang penulis yang sangat produktif, setelah menulis ratusan makalah dan publikasi seumur hidupnya, termasuk ilmu pengetahuan dan filsafat yang terkenal Surat kepada seorang putri Jerman.

Akhir Hayat 

Di hari kematiannya Leonhard Euler masih tetap bekerja, beliau meninggal karena menderita perdarahan otak beliau meninggal pada malam hari Tanggal 18 September Tahun 1783, di Kota St Petersburg.

Kontribusi Euler

Warisan Euler telah sangat besar dalam hal membentuk bidang bermain modern matematika dan rekayasa, dengan karyanya disorot oleh Asosiasi matematika Amerika dan dihormati oleh matematikawan di seluruh dunia. Sebuah proyek besar yang telah mengambil lebih dari satu abad untuk menyelesaikan, Leonhard Euler Opera Omnia adalah presentasi penuh karyanya dan telah memiliki lusinan volume yang diterbitkan selama bertahun-tahun. Dua terakhir Opera Omnia volume yang tentatif dijadwalkan untuk 2014 tanggal rilis.

Bilangan Euler
Konstanta matematika e adalah basis dari logaritma natural. Kadang-kadang disebut juga bilangan Euler sebagai penghargaan atas ahli matematika Swiss, Leonhard Euler, atau juga konstanta Napier sebagai penghargaan atas ahli matematika Skotlandia, John Napier yang merumuskan konsep logaritma untuk pertama kali. Bilangan ini adalah salah satu bilangan yang terpenting dalam matematika, sama pentingnya dengan 0, 1, i, dan π. Bilangan ini memiliki beberapa definisi yang ekivalen; sebagain ada dibawah.

Nilai bilangan ini, dipotong pada posisi ke-30 setelah tanda desimal (tanpa dibulatkan), adalah: e ≈ 2,71828 18284 59045 23536 02874 71352


Demikianlah ulasan mengenai biodata Leonhard Euler, mudah-mudahan bermanfaat 

Belum ada Komentar untuk "Biografi, Leonhard Euler Ilmuwan Swiss Penemu Bilangan Euler "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel