Soal dan Rubrik Penilaian Tes Tulis Kompetensi Pengetahuan Matematika Kelas IX

matematika.guruindonesia.id - Soal dan Rubrik Penilaian Tes Tulis Kompetensi Pengetahuan Matematika Kelas IX. Keberhasilan seorang guru dalam menyampaikan materi pelajaran dapat dilakukan dengan melakukan kegiatan penilaian yang biasanya dilakukan setelah materi itu selesai diberikan, salah satu teknik penilaian yang umum dilakukan adalah teknik penilaian tertulis untuk menguji kompetensi pengetahuan siswa. 

Soal dan Rubrik Penilaian Tes Tulis Kompetensi Pengetahuan Matematika Kelas IX
Penilaian Ter Tulis

Berbagai teknik penilaian pada kurikulum 2013 revisi 2017 Mata Pelajaran Matematika Kelas IX SMP/MTs sebagai berikut:

1. Penilaian kompetensi sikap
a. Lembar observasi
b. Lembar penilaian diri (self assessment)
c. Angket untuk penilaian antar siswa (peer assessment)
d. Jurnal

2. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Penilaian Tes Tulis
Penilaian Tugas Produk

3. Penilaian kompetensi keterampilan
Penilaian Unjuk Kerja
Penilaian Tugas Projek

Kegiatan Penilaian yang akan dilakukan oleh seorang guru pada kompetensi dasar tidak harus semua kompetensi diujikan tetapi disesuaikan dengan tuntukan kompetensi dan materi pelajaran yang akan diberikan sebagaimana telah direncanakan secara detail pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Silabus, Analisis Keterkaitan Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD) dan materi pelajaran.

Sesuai dengan judul postingan kali ini, maka yang akan disajikan hanya penilaian kompetensi pengetahuan melalui teknik penilaian tes tertulis.

Berikut ini disajikan dua butir soal untuk Tes Penilaian Tertulis Kompetensi Pengetahuan Mata Pelajaran matematika serta penentuan Skor atau rubrik penilaian yang sesuai dengan pedoman penilaian kurikulum 2013 berupa penilaian autentik, sebagai berikut:

Penilaian Tes Tulis

Satuan Pendidikan :  SMP
Mata Pelajaran  :  Matematika
Kelas   :  IX
Kompetensi dasar : 4.5 Menyelesaikan permasalahan nyata hasil pengamatan  yang terkait penerapan kekongruenan  dan kesebangunan
Indikator   : Siswa dapat menggunakan konsep kesebangunan segitiga
untuk menentukan panjang sisi yang belum diketahui
Materi   :  Kekongruenan dan kesebangunan

Soal
1.  Perhatikan gambar.
Segitiga ABC adalah segitiga siku-siku sama kaki.  Jika AB = 10 cm dan CD garis bagi sudut C, Tentukan  panjang BD.
Soal dan Rubrik Penilaian Tes Tulis Kompetensi Pengetahuan Matematika Kelas IX
Soal 1

2. Pada gambar di samping ini, tinggi tongkat PQ sesungguhnya adalah 4 m dan panjang bayangannya 15 m. Jika panjang bayangan pohon adalah 30 m, tentukan tinggi pohon.

Soal dan Rubrik Penilaian Tes Tulis Kompetensi Pengetahuan Matematika Kelas IX
Soal 2

Rubrik Penilaian Tes Tulis

Soal dan Rubrik Penilaian Tes Tulis Kompetensi Pengetahuan Matematika Kelas IX
Rubrik Penilaian

Soal dan Rubrik Penilaian Tes Tulis Kompetensi Pengetahuan Matematika Kelas IX
Penentuan Skor

Mudah-mudahan dengan  contoh Soal dan Rubrik Penilaian Tes Tulis Kompetensi Pengetahuan Matematika Kelas IX, Bapak/Ibu guru dapat Menyusun Soal Tes Tulis dengan teknik penilaian tertulis untuk menguji kompetensi pengetahuan peserta didik pada materi dan kompetensi lainnya khususnya di Kelas IX SMP/MTs. Semoga Bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Soal dan Rubrik Penilaian Tes Tulis Kompetensi Pengetahuan Matematika Kelas IX"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel