Soal dan Rubrik Penilaian Tugas Produk Kompetensi Pengetahuan Matematika Kelas IX

matematika.guruindonesia.idSoal dan Rubrik Penilaian Tugas Produk Kompetensi Pengetahuan Matematika Kelas IX. Salah satu jenis penilaian autentik mata pelajaran matematika kelas 9 untuk kompetensi pengetahuan dapat dilakukan dengan melakukan tes atau penugasan produk. Tes ini salah satu alternatif selain penilaian tes tertulis baik soal bentuk pilihan ganda maupun soal uraian.

Soal dan Rubrik Penilaian Tugas Produk Kompetensi Pengetahuan Matematika Kelas IX
Contoh Penilaian Tugas Produk
Sasaran Penilaian Hasil Belajar pada kemampuan berpikir (pengetahuan) adalah  kemampuan berpikir mengingat, memahami, menerapkan menganalisis, mengevaluasi dan  mencipta. Sasaran Penilaian Hasil Belajar pada dimensi pengetahuan adalah dimensi pengetahuan Faktual, Konseptual, Prosedural, Metakognitif, Tes Penilaian Pengetahuan dengan Tugas Produk lebih menitikberatkan kepada aspek metakognitif.

Berikut ini disajikan Soal dan Rubrik Penilaian Tugas Produk Kompetensi Pengetahuan Matematika Kelas IX kompetensi dasar 4.5 Menyelesaikan permasalahan nyata hasil pengamatan yang terkait penerapan kekongruenan dan kesebangunan pada materi Kekongruenan dan kesebangunan.


Mata Pelajaran  :  Matematika, 
Kelas   :  IX
Kompetensi dasar :  4.5 Menyelesaikan permasalahan nyata hasil pengamatan yang terkait penerapan kekongruenan dan kesebangunan
Indikator   : Siswa dapat membuat alat memperbesar gambar yang menggunakan konsep kesebangunan dua segitiga (pantograf)
Materi   :  Kekongruenan dan kesebangunan

Soal
Bersama temanmu, buatlah pantograf buatan kelompokmu yang bisa menghasilkan  salinan gambar k kali lebih besar (boleh k = 2, 3, 4, 5 atau lebih). Dokumentasikan prosesnya. Gunakan pantograf tersebut untuk membuat salinan gambar yang diperbesar. Presentasikan pantograf hasil karya kelompokmu tersebut.

Contoh gambar Pantograf


Rubrik Penilaian

No
Krteria
Skor
1
·         Produk (hasil kerja) sesuai dengan konsep dan prinsip matematika;
·         Kerja kreatif;
·         Produk (hasil kerja) asli;
·         Diselesaikan tepat waktu;
·         Kerapian sangat baik.
4
2
·         Produk (hasil kerja) sesuai dengan konsep dan prinsip matematika;
·         Kerja kurang kreatif;
·         Produk (hasil kerja) asli;
·         Diselesaikan tidak tepat waktu;
·         Kerapian cukup baik.
3
3
·         Produk (hasil kerja) sesuai dengan konsep dan prinsip matematika;
·         Kerja tidak kreatif;
·         Produk (hasil kerja) asli;
·         Diselesaikan tidak tepat waktu;
·         Kerapian kurang baik.
2
4
·         Produk (hasil kerja) sesuai dengan konsep dan prinsip matematika;
·         Kerja tidak kreatif;
·         Produk (hasil kerja) tidak asli buatan sendiri
·         Diselesaikan tidak tepat waktu;
·         Kerapian tidak baik;
1
5
Tidak melakukan tugas produk
0

Skor maksimal = 5 × 4 = 20


Rekapitulasi Skor Perolehan Tugas Produk

No
Kriteria
Kelompok
1
2
3
4
5
6
1
Kesesuaian dengan konsep dan prinsip matematika






2
Kreativitas






3
Keaslian produk






4
Ketepatan waktu






5
Kerapian







Skor Perolehan








Contoh Soal dan Rubrik Penilaian Tugas Produk Kompetensi Pengetahuan Matematika Kelas IX, mudah-mudahan dapat menjadi rujukan untuk melakukan kegiatan penilaian (assesment) pada materi-materi lainnya khususnya mata pelajaran matematika Kelas IX, selain itu Soal dan Rubrik Penilaian Tugas Produk Kompetensi Pengetahuan Matematika Kelas IX ini dapat digunakan pada lampiran kegiatan penilaian dalam Dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Matematika.

Terima kasih telah berkunjung dan membaca sampai tuntas, kritik dan saran silahkan berikan pada kolom komentar. Semoga postingan ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Soal dan Rubrik Penilaian Tugas Produk Kompetensi Pengetahuan Matematika Kelas IX"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel