Soal dan Rubrik Teknik Penilaian Unjuk Kerja Penilaian Kompetensi Keterampilan Matematika Kelas IX

matematika.guruindonesia.id - Selamat siang pada kesempatan kali ini admin akan membagikan postingan yang berkaitan dengan salah satu teknik penilaian pada kompetensi keterampilan, yaitu Tes Unjuk Kerja. sebagaimana diketahui bahwa untuk menilai kompetensi keterampilan peserta didik dapat dilakukan dengan tiga jenis penilaian, yaitu: (1) tes unjuk kerja, (2) penilaian projek, (3) penilaian portofolio.

Soal dan Rubrik Teknik Penilaian Unjuk Kerja Penilaian Kompetensi Keterampilan Matematika Kelas IX
Tes Unjuk Kerja

Penilaian unjuk kerja merupakan kegiatan penilaian yang dilakukan dengan cara mengamati kegiatan peserta didik dalam melakukan suatu pekerjaan/tugas. Tujuan penilaian unjuk kerja adalah untuk mengetahui apa yang siswa ketahui dan apa yang mereka lakukan. Dengan demikian penilaian unjuk kerja tersebut harus bermakna, autentik dan dapat mengukur penguasaan siswa. Autentik artinya realistis atau sesuai dengan kehidupan nyata. Penilaian ini cocok digunakan untuk menilai ketercapaian penguasaan kompetensi yang menuntut peserta didik melakukan tugas tertentu,

Agar lebih mudah dalam melakukan penilaian unjuk kerja khususnya mata pelajaran matematika kelas IX, berikut admin sajikan contoh penilaian untuk kerja penilaian unjuk kerja beserta rubrik penilaiannya yang dapat dipedomani guru.

Contoh Penilaian Unjuk Kerja
Satuan Pendidikan :  SMP
Mata Pelajaran  :  Matematika
Kelas   :  IX
Kompetensi dasar :  4.5 Menyelesaikan permasalahan nyata hasil pengamatan yang terkait penerapan kekongruenan dan kesebangunan
Indikator   :  Siswa dapat membagi suatu sudut menjadi dua sama besar dengan menggunakan konsep kekongruenan atau kesebangunan  
Materi   :  Kekongruenan dan kesebangunan

Soal
Gambarlah sebuah sudut dan beri nama ∠ABC, kemudian
a. Dengan menggunakan jangka, bagilah ∠ABC tersebut menjadi dua sama besar.
b. Gambarlah lagi ∠ABC yang sama, kemudian tanpa menggunakan jangka maupun busur derajat, bagilah ∠ABC tersebut menjadi dua sama besar. (petunjuk: gunakan konsep segitiga kongruen)

Contoh Rubrik Penilaian Unjuk Kerja

Kriteria
Skor
Jawaban menunjukkan pengetahuan matematika mendasar yang berhubungan dengan tugas ini dengan baik.
Ciri-ciri:
·         Semua prosedur atau langkah dilakukan dengan benar dan jawaban/hasil yang benar.
·         Kerapian baik.
4
Jawaban menunjukkan pengetahuan matematika mendasar yang berhubungan dengan tugas ini dengan cukup baik.
Ciri-ciri:
·         Semua prosedur atau langkah dilakukan dengan benar. tetapi ada  cara yang tidak sesuai atau ada satu jawaban/hasil yang belum tepat.
·         Kerapian cukup baik.
3
Jawaban menunjukkan keterbatasan atau kurangnya pengetahuan matematika yang berhubungan dengan tugas ini.
Ciri-ciri:
·         Sebagian besar prosedur atau langkah dilakukan dengan benar tetapi jawaban/hasil belum selesai.
·         Kerapian kurang baik.
2
Jawaban menunjukkan sedikit atau sama sekali tidak ada pengetahuan matematika yang berhubungan dengan tugas ini.
Ciri-ciri:
·         Prosedur atau langkah dilakukan dengan kurang tepat dan jawaban/hasil belum selesai.
1

Contoh penyelesaian:
Gambarlah sebuah sudut dan beri nama ∠ABC, kemudian
a. Dengan menggunakan jangka, bagilah ∠ABC tersebut menjadi dua sama besar.
Penyelesaian:
Gunakan teknik membagi sudut menjadi dua bagian dengan jangka seperti  langkah di bawah ini: (perhatikan gambar)
1. Buat busur lingkaran dengan pusat titik B, sehingga memotong kaki sudut  AB di titik D dan memotong kaki sudut BC di titik E.
2. Buat lagi 2 buah busur lingkaran masing-masing dengan pusat di titik D  dan E. Perpotongan kedua busur lingkaran tersebut beri nama titik G.
3. Tarik garis dari titik B ke G, sehingga m∠ABG = ∠CBG. seperti gambar berikut ini

Soal dan Rubrik Teknik Penilaian Unjuk Kerja Penilaian Kompetensi Keterampilan Matematika Kelas IX

b. Gambarlah lagi ∠ABC yang sama, kemudian tanpa menggunakan jangka maupun busur derajat, bagilah ∠ABC tersebut menjadi dua sama besar.
(petunjuk: gunakan konsep segitiga kongruen)
Penyelesaian:
1. Gambarlah garis AD yang sejajar dengan BC.
2. Gambarlah garis CD yang sejajar dengan BA. Sehingga terbentuk bangun jajargenjang ABCD.
3. Tarik garis dari titik B ke D (diagonal jajargenjang ABCD). Jelas bahwa
∆ABD ≅ ∆CBD dengan m∠ABD = ∠CBD.

Soal dan Rubrik Teknik Penilaian Unjuk Kerja Penilaian Kompetensi Keterampilan Matematika Kelas IX

Perolehan Skor Penilaian Unjuk Kerja

Kriteria
Skor Perolehan
Bobot
Nilai
0
1
2
3
4
Pendekatan pemecahan masalah
·         Prosedur dan sistematika pemecahan masalah
·         Bentuk penyelesaian masalah





X

X

4



16

16
Ketepatan
·         Ketepatan penggunaan konsep
·         Kebenaran hasil yang diperoleh





X
X

4

16
16
Gambar
·         Ketepatan gambar sebagai interpretasi masalah
·         Kesesuaian gambar dalam pemecahan masalah
·         Kerapian dan penyajian





X

X

X

2


8

8

8
Penjelasan
·         Kejelasan uraian jawaban
·         Pemahaman terhadap aspek hubungan





X
X

1,5

6
6
Nilai yang diperoleh
100

Tabel di atas merupakan nilai maksimum yang mungkin dicapai oleh siswa, berukit disajikan contoh nilai dari salah satu peserta didik

Misalkan Ahmad memperoleh skor seperti pada kolom skor perolehan 

Kriteria
Skor Perolehan
Bobot
Nilai
0
1
2
3
4
Pendekatan pemecahan masalah
·         Prosedur dan sistematika pemecahan masalah
·         Bentuk penyelesaian masalah





X

X

4



12

12
Ketepatan
·         Ketepatan penggunaan konsep
·         Kebenaran hasil yang diperoleh





X
X

4

16
16
Gambar
·         Ketepatan gambar sebagai interpretasi masalah
·         Kesesuaian gambar dalam pemecahan masalah
·         Kerapian dan penyajian





X

X

X

2


8

8

6
Penjelasan
·         Kejelasan uraian jawaban
·         Pemahaman terhadap aspek hubungan





X
X

1,5

3
3
Nilai yang diperoleh
84

Jadi nilai akhir Ahmad adalah 84

Soal dan Rubrik Teknik Penilaian Unjuk Kerja Penilaian Kompetensi Keterampilan Matematika Kelas IX yang admin sajikan mudah-mudahan dapat dijadikan sebagai rujukan dalam menyusun dan mengembangkan instrumen penilaian tes unjuk kerja sekaligus sebagai pelangkap selain tes. kompetensi pengetahuan berupa tes tulis dan tes tugas produk yang sudah admin posting terlebih dahulu. Terima kasih semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Soal dan Rubrik Teknik Penilaian Unjuk Kerja Penilaian Kompetensi Keterampilan Matematika Kelas IX"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel