Tugas dan Rubrik Teknik Penilaian Tugas Projek Penilaian Kompetensi Keterampilan Matematika Kelas IX

matematika.guruindonesia.id - Selamat siang pada kesempatan kali ini admin akan membagikan postingan yang berkaitan dengan salah satu teknik penilaian pada kompetensi keterampilan, yaitu Tugas Projek sebagaimana diketahui bahwa untuk menilai kompetensi keterampilan peserta didik dapat dilakukan dengan tiga jenis penilaian, yaitu: (1) tes unjuk kerja, (2) penilaian projek, (3) penilaian portofolio.

Tugas dan Rubrik Teknik Penilaian Tugas Projek Penilaian Kompetensi Keterampilan Matematika Kelas IX

Penilaian proyek merupakan kegiatan penilaian terhadap suatu tugas yang harus diselesaikan dalam periode/waktu tertentu. Tugas tersebut berupa suatu investigasi sejak dari perencanaan, pengumpulan data, pengorganisasian, pengolahan dan penyajian data.

Berikut admin sajikan secara lengkap contoh Penilaian Tugas Projek pada mata pelajaran matematika kelas IX, materi Kekongruenan dan Kesebangan lengkap dengan rubrik penilaiannya.

Contoh Penilaian Tugas Projek
Jenjang   : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas   : IX
Kompetensi dasar : 4.5 Menyelesaikan permasalahan nyata hasil pengamatan yang terkait penerapan kekongruenan dan kesebangunan
Indikator  : Siswa dapat menerapkan konsep kesebangunan dan kekongruenan dalam kehidupan nyata.
Materi   : Kekongruenan dan kesebangunan

Soal Tugas Projek
Coba carilah gedung, pohon, tiang listrik atau tiang bendera  yang ada di sekitar sekolahmu (pilih salah satu atau lebih). Bersama temanmu,
a. Buat strategi untuk memperkirakan tinggi gedung, pohon, tiang listrik atau tiang bendera tersebut dengan menggunakan konsep kesebangunan dua segitiga.(dengan dua strategi yang berbeda).
b. Berdasarkan strategi yang kamu buat, perkirakan berapa gedung, pohon, tiang listrik atau tiang bendera tersebut?
c. Dokumentasikan kerja kelompokmu dan presentasikan hasil kerja kelompokmu di kelas.

Contoh Rubrik Penilaian Projek
Kriteria
Skor
·          Menunjukkan kreatifitas yang tinggi dalam pemecahan masalah;
·         Kejelasan atau keterangan jawaban sangat lengkap;
·         Kebenaran jawaban masalah sangat tepat;
·         Kerjasama kelompok sangat baik;
·         Interpretasi jawaban masalah/gambar sangat akurat;
·         Penggunaan strategi benar dan tepat;
·         Kerapian sangat baik;
·         Laporan disusun dengan baik dan lengkap;
·         Kemampuan komunikasi dalam presentase hasil kerja baik;

·         Menunjukkan kreatifitas yang cukup         dalam pemecahan masalah;
·         Kejelasan atau keterangan jawaban cukup lengkap;
·         Kebenaran jawaban masalah cukup tepat;
·         Kerjasama kelompok cukup baik;
·         Interpretasi jawaban masalah/gambar cukup akurat;
·         Penggunaan strategi benar dan tepat;
·         Kerapian cukup baik;
·         Laporan disusun dengan cukup baik dan kurang lengkap;
·         Kemampuan komunikasi dalam presentase hasil kerja baik;

·         Menunjukkan kreatifitas yang rendah dalam pemecahan masalah;
·         Kejelasan atau keterangan jawaban cukup lengkap;
·         Kebenaran jawaban masalah cukup tepat;
·         Kerjasama kelompok cukup baik;
·         Interpretasi jawaban masalah/gambar kurang akurat;
·         Penggunaan strategi benar dan tepat;
·         Kerapian kurang baik;

·         Menunjukkan kreatifitas yang rendah dalam pemecahan masalah;
·         Kejelasan atau keterangan jawaban tidak lengkap;
·         Kebenaran jawaban masalah tidak tepat, kerjasama kelompok  kurang baik,
·         Interpretasi jawaban masalah/gambar tidak akurat;
·         Penggunaan strategi benar dan tepat;
·         Kerapian tidak baik;
·         Tidak ada laporan hasil kerja yang dapat disajikan di depan kelas.

Tidak melakukan tugas produk

Skor maksimal = 7 × 4 = 28

Perolehan Skor Penilaian Projek

No
Kriteria
Kelompok
1
2
3
4
5
6
1
Kreativitas






2
Kejelasan atau  keterangan jawaban  lengkap






3
Kebenaran jawaban






4
Kerjasama dengan sesama anggota kelompok






5
Keakuratan interpretasi jawaban/gambar






6
Penggunaan strategi benar dan tepat






7
Kerapian







Skor Perolehan







Sebagai salah satu kegiatan penilaian autentik yang diterapkan pada kurikulum 2013, Mudah-mudahan contoh tugas dan Rubrik Teknik Penilaian Tugas Projek Penilaian Kompetensi Keterampilan Matematika Kelas IX dapat dijadikan rujukan dalam melakukan kegiatan penilaian kompetensi keterampilan dengan teknik penilaian Tugas Proyek.

Terima kasih telah berkunjung semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tugas dan Rubrik Teknik Penilaian Tugas Projek Penilaian Kompetensi Keterampilan Matematika Kelas IX"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel